Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQ4R BERBANTU MEDIA FLIPCART TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN POKOK PIKIRAN PARAGRAF SISWA KELAS IV SDN BRAMBANG TAHUN 2017/2018
Rizqi Ardiana

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yakni metode penelitian eksperimen. Desain eksperimental yang digunakan pada penelitian ini adalah pre test-post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD N  Brambang. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan simple random sampling. Sugiyono(2015 : 82 ) menyatakan bahwa simple random sampling adalah teknik untuk mendapatkan sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil analisis ketuntasan belajar siswa secara klasikal kelas eksperimen sebesar 85,72% dengan 24 siswa tuntas dan 4 siswa tidak tuntas. Berdasarkan hasil pembelajaran metode PQ4R berbantu media flipcart dengan     ,              , maka                         . Karena                yaitu                 , maka    ditolak. Jadi, kesimpulannya ratarata prestasi belajar siswa pada penerapan metode pembelajaran PQ4R(Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review) berbantu media flipchart lebih baik dari pada metode pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Jadi, penerapan metode pembelajaran PQ4R  berbantu media flipchart lebih berpengaruh daripada pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional(ceramah). Berdasarkan hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan menggunakan metode PQ4R(Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review), berbantu media flipchart dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran dan perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan menerapkan pada pokok bahasan yang berbeda. Metode PQ4R mampu membantu siswa mengingat apa yang mereka, sehingga metode PQ4R sangat efektif jika digunakan untuk membaca pemahaman.

Kata Kunci: PQ4R, Media Flipchart, Hasil Belajar Siswa, Kemampuan Menemukan Gagasan Pokok

The background encourages research on the subject matter of the paragraph because many students still do not understand optimally. This is due to the lack of effective learning and still using conventional methods. The type of research conducted in this study is quantitative research that is the method of experimental research. The experimental design used in this study is pre-posttest control group design. Population in this research is all student of class IV in SD N Brambang. The sampling in this research is by using simple random sampling. Sugiyono(2015: 82) states that simple random sampling is a technique for obtaining samples from randomly populated populations regardless of the strata present in the population. The data in this study were obtained through interviews, documentation and tests. The result of student's learning completeness analysis in classical experimental class is 85,72% with 24 students complete and 4 students is not complete. Pursuant to result of learning method of PQ4R assisted media flipcart with α = 5%, dk = 27 + 25-2 = 50, hence t_tabel = t _ ((0,95); (50)) = 1.68. Because t_count> t_table is 4.180695893> 1.68, then H_0 is rejected. Thus, the conclusion of the average student achievement on the application of PQ4R learning methods(Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review) assisted flipchart media better than conventional learning methods with lecture method. Thus, the application of PQ4R learning method assisted flipchart media more influential than learning by using conventional method(lecture).

Keywoards: PQ4R, Media Flipchart, Students Learning Outcomes, Ability to Find Key Ideas


Full Text: 245-259