Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERJENDELA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SEKOLAH DASAR
Wildan Nasrulloh, Ferina Agustini, Rofian Rofian

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui bentuk pengembangan media pembelajaran Buku Berjendela pada pembelajaran IPA materi Pesawat Sederhana untuk peserta didik kelas V yang layak digunakan peserta didik kelas V. Peneliti melakukan analisis kebutuhan dengan menyebar angket analisis kebutuhan pada tiga sekolah yakni SDN 3 Waru Rembang, SDN Ketanggi Rembang dan SDN 1 Ketitangwetan Batangan. Namun, untuk uji coba terbatas dilakukan di 1 SD yaitu SD Negeri 3 Waru  berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan guru. Subjek penelitian ini adalah 34 peserta didik kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli media dan data ahli materi dan hasil uji coba produk. Instrumen pengumpulan data berupa angket soal. Data yang di peroleh dari angket dianalisis secara deskriptif. Hasil pengembangan berupa media Buku Berjendela. 2). Pengolahan data diambil dari validasi ahli media dan ahli meteri, angket respon siswa dan angket respon guru. Hasil validasi ahli media pembelajaran tahap 1 sebesar 80,89% dan pada tahap 2 sebesar 93,33%, hasil validasi ahli materi tahap 1 sebesar 80% dan pada tahap 2 sebesar 91,76%,hasil respon siswa 95,71% dan pada angket respon guru sebesar 97,65%, hal ini menunjukan bahwa media Buku Berjendela telah dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Saran yang dapat peneliti sampaikan pada penelitian selanjutnya di tahap uji coba produkadalah peneliti diharapkan dapat mempersiapkan media lebih banyak untuk peserta didik agar dapat digunakan secara individu sehingga perhatian.

Kata kunci : pengembangan, buku berjendela, pembelajaran

He objectives of this research are to know the form of learning media development of Window Book on Science lesson of Simple Aircraft material for class V learners that is suitable for students of class V. The researcher needs analysis by spreading the questionnaire of needs analysis at three schools namely SDN 3 Waru Rembang , SDN Ketanggi Rembang and SDN 1 Ketitangwetan Batangan. However, for a limited trial conducted in 1 elementary school SD 3 Waru based on the analysis needs of learners and teachers. The subjects of this study were 34 V grade elementary school students. This research is a research development (Research and Development). The data collected in this research is data of media expert and expert data material and product trial result. The instrument of data collection is questionnaire. Data obtained from questionnaires were analyzed descriptively. The development result of the Wind Book media. 2). Data processing is taken from the validation of media experts and meteorologists, student response questionnaires and teacher response questionnaires. The result of validation of expert of learning media of phase 1 is 80,89% and in stage 2 is 93,33%, result of material expert validation phase 1 80% and in stage 2 equal to 91,76%, student response result 95,71% a teacher response questionnaire of 97.65% indicates that the Window Book media has been declared valid and appropriate for use in primary school learning. Suggestions that researchers can convey in further research at the trial stage of the product is the researchers are expected to prepare more media for learners to be used individually so that attention.

Keywords: development, window book, learning


Full Text: 219-225