Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
MODEL EVERYONE IS TEACHER HERE BERBANTU MEDIA GARIS BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN MATERI OPERASI BILANGAN BULAT
Siti Munzaroh, Joko Sulianto, Khusnul Fajriyah

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan model  Everyone Is Teacher Here berbantu  media garis bilangan pada materi operasi hitung bilangan bulat.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Grup PretestPosttest Design.Sampel yang digunakan adalah satu kelas siswa dari kelas IV SDN 03 Kajar yang berjumlah 29 siswa.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Berdasarkan hasil perhitungan uji t ketuntasan belajar  diperoleh ttabel sebesar 2,048 dan thitungsebesar11,559. Jadi thitung > ttabelyang artinya siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan.Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan pembelajaran menggunakan model Everyone Is Teacher  Here berbantu media garis bilangan lebih baik.

Kata Kunci :Everyone Is Teacher Here, Garis Bilangan, Operasi Bilangan Bulat

The purpose of this study is to describe the learning model Everyone Is Teacher Here assisted the media of the number line on the matter of counting integer operations. This research is quantitative research. The design used in this research is One Group Pretest-Posttest Design. The sample used is one class of students from grade IV SDN 03 Kajar, amounting to 29 students. The data in this research is obtained through observation, interview, test and documentation. Based on calculation result of t test of learning obtained ttable equal to 2,048 and tcount equal to 11,559. So thitung> ttable which means students can reach the predefined criteria that have been set. It can be concluded that the learning outcomes with the learning model using Everyone Is Teacher Here helped the media of better number lines.

Keywords: Everyone Is Teacher Here, Line Numbers, Integer Operations


Full Text: 197-210