Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA BLOHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI NGERJO KENDAL
Ika Yuni Astiti, Joko Siswanto, Intan Rahmawati

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan Model Talking Stick dengan  media Blohan pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Ngerjo Kendal tahun 2017/2018. Media Blohan adalah sebuah media yang terbuat dari papan  dan berisi potongan-potongan blok yang dibagi menjadi bagian pecahan. Media Blohan menjadi solusi permasalahan rendahnya hasil belajar Matematika di SD Negeri Ngerjo Kendal. Penelitian ini didasari rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas IV. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang terpusat pada guru dan kurangnya model dan media pembelajaran yang mendukung dalam mengoptimalkan kemampuan dan motivasi siswa. Bentuk penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yaitu uji normalitas dan tahap kedua yaitu uji normalitas dan uji banding pretest-posttest (uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Talking stick dengan media Blohan dapat meningkatkan hasil belajar materi pecahan pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Ngerjo Kendal.

Kata kunci: Model Talking Stick dengan Media Blohan, Hasil Belajar, Matematika

This study aims to know that the use of Model Talking Stick with Blohan media on subjects of Mathematics materials Fractions can improve student learning outcomes fourth graders Elementary School Ngerjo Kendal year 2017/2018. Media Blohan is a media made of board and contains pieces of blocks or circles that are divided into fractional parts. Media Blohan become problem solution of low learning result of Mathematics at Ngerjo State Elementary School Kendal. This study is based on the low learning outcomes of students in grade IV. This is due to teacher-centered learning and lack of supportive models and learning media in optimizing students' skills and motivation. The form of this research is quantitative research. The study used a onepretest-posttest design research design. Data collection techniques in this study using observation, tests, and documentation. The data analysis technique consists of two stages. The first stage is the normality test and the second stage is the normality test and pretestposttest test (T test). The results showed that the use of Talking stick model with Blohan media can improve the result of learning fractional material in the fourth grade mathematics course at Ngerjo Kendal State Elementary School.

Keywords: Model Talking Stick with Blohan Media, Learning Outcomes, Mathematics


Full Text: 162-170