Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENERAPAN MEDIA PAPAN PEMBAGIAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS II SD NEGERI PLEBURAN 03 SEMARANG
Kaesti Wulandari, Sukamto Sukamto, Mei Fita Asri Untari

Last modified: 2018-07-23

Abstract


“Pengaruh Media Papan Pembagian dalam Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Keaktifan dan Kemampuan Komunikasi Matematik  Siswa Kelas II SD Negeri Pleburan 03 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2018. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya partisipasi antar siswa serta rendahnya kemampuan komunikasi matematik siswa yang belum mencapai KKM. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan media pembelajaran yang belum sesuai dengan pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah media papan pembagian dalam model pembelajaran numbered head together (NHT) berpengaruh terhadap keaktifan dan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas II SD Negeri Pleburan 03 Semarang?.  Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media papan pembagian dalam model pembelajaran numbered head together (NHT) terhadap keaktifan dan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas II SD Negeri Pleburan 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi Ekperimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Pleburan 03 Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 74 siswa kelas IIA dan IIB dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan uji analisis linear sederhana, terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa terhadap kemampuan komunikasi matematik pada media papan pembagian dalam model pembelajaran numbered head together (NHT) yaitu sebesar 13%.

Kata kunci: Media, numbered head together (NHT), keaktifan, komunikasi matematik.

Kaesti Wulandari. NPM 14120342. "The Influence of Media of Distribution Board in numbered head together (NHT) learning model on the activity and Communication Ability of Mathematics of Second Grade Students at SD Negeri Pleburan 03 Semarang". Essay. Teacher Education Study Program Elementary School Faculty of Education Science University PGRI Semarang. University of PGRI Semarang. 2018. The encouraging background of this research is the low participation among students and the low ability of students' mathematical communication that has not reached KKM.This is because the use of learning media that has not been in accordance with learning. The problem in this research is whether the distribution board media in the model of learning numbered head together (NHT) has an effect on the activity and communication ability of second grade students of SD Negeri Pleburan 03 Semarang?. The purpose of this research is to know the influence of distribution board media in numbered head together (NHT) learning model on the activity and communication ability of mathematics of second grade students of SD Negeri Pleburan 03 Semarang. This type of research is quantitative research in the form of Quasi Ekperimental Design with the design of Nonequivalent Control Group Design. The study in this population was all students of SD Negeri Pleburan 03 Semarang in academic year 2017/2018. The samples taken are 74 students of class IIA and IIB using Nonprobability Sampling technique in the form of saturated sampling. Based on the results of this study can be concluded that by using a simple linear analysis test, there is a significant influence between students' activity on the ability of mathematical communication on the distribution board media in the model of learning numbered head together (NHT) is 13%.

Keyword: Media, numbered head together (NHT), activity and Communication of Mathematics.


Full Text: 153-161