Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN SIFAT BENDA SISWA KELAS III SD NEGERI REJOSARI 01 SEMARANG
Diah Ayu Sandra, Rahmat Rais, Arfilia Wijayanti

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA. Hal tersebut disebabkan kurangnya variasi pembelajaran dan siswa hanya menerima materi dari guru tanpa terlibat langsung dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar IPA materi sifat dan perubahan sifat benda siswa kelas III SD Negeri Rejosari 01 Semarang?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar IPA materi sifat dan perubahan sifat benda siswa  kelas III SD Negeri Rejosari 01 Semarang. Hasil analisis data penelitian uji hipotesis diperoleh memperoleh thitung = 3,394 dengan peluang α = 5% dan dk = 37 + 32 – 2 = 67 diperoleh ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel maka hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas III SD Rejosari 01 Semarang.

Kata Kunci : Model Learning Cycle, Hasil Belajar IPA

This research is motivated by the low of science learning result. This is due to the lack of variation in learning and students only receive material from the teacher without being directly involved in the learning process. The problem in this research is "Is there any influence of learning cycle learning model on science learning outcome of nature and change of nature of student of class III SD Negeri Rejosari 01 Semarang?". This study aims to determine the effect of learning cycle learning model on the learning outcomes of science materials and the nature of the nature of the objects of students class III SD Negeri Rejosari 01 Semarang. The results of data analysis hypothesis test obtained obtained tcount = 3.394 with probability α = 5% and dk = 37 + 32 - 2 = 67 obtained ttable = 1.67, so thitung > ttable then the experimental class learning result is greater than the control class. So it can be concluded that the learning model Leraning Cycle effect on the results of science subjects subjects science class III SD Rejosari 01 Semarang.


Full Text: 142-152