Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTU MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGGOLONGAN MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS III
Fitriana Maulidah, Fine Reffiane

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Circuit Learning berbantu media flipchart terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi penggolongan makhluk hidup kelas III SDN 05 Loning tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain True Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 05 Loning yang terdiri dari 40 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh yakni seluruh anggota populasi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil analisis data penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 79,50 dan hasil rata-rata kelas kontrol sebesar 68,75. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 2,123 > 2,024. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Circuit Learning berbantu media flipchart berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi penggolongan makhluk hidup kelas III SDN 05 Loning Pemalang. Disarankan bahwa model Circuit Learning dapat dicoba dan diterapkan pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Kata kunci : Model Circuit Learning, Media Flipchart, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA

This research aims to find outmodels the effect of Circuit learning media-assisted flipchart on learning outcomes of students in science subjects matter of class III classification of living things SDN 05 Loning the school year 2017/2018. This research is an experimental research using quantitative approach to design True Experimental Design with shapes Posttest-Only Control Design. The population in this study is the third grade students of SDN 05 Loning which consists of 40 students. Sampling was done by using sampling techniques saturate the entire population. The research data obtained through interviews, documentation, and test. The results of data analysis showed that there was an average differenceresults of posttest experimental classes and control classes. Average yield posttest of 79.50experimental class and the average yield control class is 68.75. Based on the results obtained by t test analysis thatt> ttable is 2,123> 2,024. It can be concluded that the Circuit Learning model-assistedmedia flipchart influence on student learning outcomes in science subjects matter of class III classification of living things SDN 05 Loning Pemalang.suggested that models Circuit Learning can be tested and applied in science subjects in primary school.

Keywords: Circuit Learning Model, Flipchart Media, Learning Outcomes, Science Lesson.


Full Text: 133-141