Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS IV SD N 1 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL
Asysyaffa Wahyudi

Last modified: 2018-07-22

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher center). Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran probingprompting berbantu macromedia flash berpengaruh terhadap keaktifan siswa. Pengambilan sempel di ambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh yang berjumlah 60 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan diantaranya ada wawancara, observasi dan dokumentasi. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Desaign dalam bentuk Control Group Pretest Posttest Desaign. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dari uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelompok kelas tersebut dinyatakan berdistribusi normal dan berasal dari varians yang sama atau homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dua pihak dengan taraf signifikannya Ξ± = 0,05 dan dk = 30+30-2 = 58 dengan hasilΒ  β„Žπ‘– 𝑒𝑛𝑔 = 6,32 danΒ  Β π‘Žπ‘π‘’π‘™ = 2,021, menunjukanΒ  β„Žπ‘– 𝑒𝑛𝑔>Β  Β π‘Žπ‘π‘’π‘™ sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran probingprompting berbantu macromedia flash berpengaruh terhadap keaktifan siswa.

Kata Kunci : Model probing-prompting, macromedia flash

This research is based on the learning pattern which is still centered on the teacher (teacher center). The problems revealed in this research is whether the learning model of probing-prompting assisted by macromedia flash has an effect on student activeness. Sampling was taken by using a saturated sampling technique of 60 students. Data collection methods used include interviews, observation and documentation. The research design used is True Experimental Desaign in the form of Control Group Pretest Posttest Desaign. Based on the analysis of the research data from the normality test and homogeneity test, both classes are stated to be normally distributed and derived from the same or homogeneous variance. Hypothesis testing uses two-party t test with significance level Ξ± = 0,05 and dk = 30 + 30-2 = 58 with resultΒ  β„Ž 𝑖 𝑒 𝑛 𝑔 = 6,32 andΒ  Β π‘Ž 𝑏 𝑒 𝑙 = 2,021, showingΒ  β„Ž 𝑖 𝑒 𝑛 𝑔 >Β  Β π‘Ž 𝑏 𝑒 𝑙 so that H0 is rejected and Ha accepted. This states that the application of learning model of probing-prompting assisted by macromedia flash has an effect on students' activity.

Keywords: probing-prompting model, macromedia flash


Full Text: 103-110