Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DAN NHT BERBANTU MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS III
Sintia Belanisa

Last modified: 2018-07-22

Abstract


Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas III yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT berbantu kartu bergambar dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT berbantu kartu bergambar dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantutatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Desain. Sampel penelitian adalah seluruh siawa kelas III SD Negeri Sendangmulyo 03 Semarang dan menggunakan teknik sampling probability sampling dengan jenis simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT berbantu media kartu bergambar, model pembelajaran NHT berbantu media kartu bergambar, dan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diketahui rata-rata kelas dengan model pembelajaran TGT berbantu media kartu bergambar sebesar 88,18, kelas dengan model pembelajaran NHT berbantu media kartu bergambar sebesar 84,00, dan rata-rata nilai pada kelas kontrol 69,95.

Kata Kunci: TGT, NHT, kartu bergambar

The background of this research is the low abillity of students‟ problem solving. The aims of this research are to know the appearance of differences of students‟ problem solving skill grade III which tough using TGT Learning Model based on picture card and students are tough using NHT Learning Model based on picture card in which students are tough using Convensionl Learning Model. The type of this research is quantitative. This research used experiment method by using Posttest Only Control Desain. The sample of this research is all of students grade III SD N Sendangmulyo 03 Semarang snd using probability sampling by using simple random sampling. Based this research stated that there are differences of students‟ problem solving skill by using TGT, NHD and Convensional learning model. The results of this study are showed by the average are as follows TGT learningmodel : 88,18, NHT learning model : 84,00, and 69,95 for control class.

Keywords: TGT, NHT, picture card


Full Text: 96-102