Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTU MEDIA KARPET TANYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI KUMPULREJO KENDAL
Agung Prastia Maulana Ahsan, Ikha Listyarini

Last modified: 2018-07-22

Abstract


Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples berbantu media Karpet Tanya terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri Kumpulrejo Kendal. Penelitian kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kumpulrejo Kendal yang berjumlah 20 siswa dengan teknik pengambilan cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah one grup pretest posttest design. Data dalam penelitian diperoleh melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil tersebut diperkuat dengan peningkatan ratarata hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples berbantu media Karpet Tanya sebelum diberikan perlakuan adalah 50,66. Setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples berbantu media Karpet Tanya rata-rata hasil belajar naik menjadi 82,335. Hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,822. Dari distribusi t dengan db = 20-1 = 19 diperoleh 2,086. Serta ada 18 anak yang tuntas dalam nilai Posttest dengan presentase ketuntasan mencapai 90%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa “model pembelajaran Examples Non Examples berbantu media Karpet Tanya berpengaruh terhadap hasil belajar materi menghitung volume kubus dan balok siswa kelas V SD Negeri Kumpulrejo Kendal”

Kata kunci: model pembelajaran Examples Non Examples, media Karpet Tanya, hasil belajar siswa

The objectives to be achieved in this research is to know and analyze the influence of learning model Examples Non Examples Assistive media Carpet Ask on student learning outcomes mathematics class V SD Negeri Kumpulrejo Kendal. Quantitative research with the population in this study is all students of class V SD Negeri Kumpulrejo Kendal which amounted to 20 students with cluster random sampling technique. The research design used is One Group Pretest-Posttest Design. The data in the research is obtained through test, observation, interview, and documentation. The results are reinforced by the increase in the average of mathematics learning outcomes using the learning model Examples of Non Examples Assistive media Carpet Ask before treatment is given 50.66. After being treated using a learning model Examples Non Examples assisted media Questioned Carpets average learning outcomes rose to 82.335. Result of final analysis which have been done by using t test is obtainedtcount = 2,822. From the distribution t with db = 20-1 = 19 obtained 2,086. And there are 18 children who completed the value of Posttest with percentage mastery reaches 90%. Therefore it can be concluded that "model of Examples Non Examples learning media of Carpet Ask influence on the learning result of the material count the volume of cube and beam of V class student of SD Negeri Kumpulrejo Kendal".

Keywords: the learning model Examples of Non Examples, media Carpet Ask, the learning result student


Full Text: 88-95