Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
STUDI KASUS TENTANG METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD N BRUMBUNG KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK
Yuni Triana Astuti, Ahmad Nashir Tsalatsa, Aries Tika Damayani

Last modified: 2018-07-22

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan metode pembelajaran tutor sebaya, dan prestasi belajar siswa kelas VB SDN Brumbung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Desain penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini adalah studi kasus. Studi kasus adalah menjelaskan suatu  masalah, kejadian, dan situasi tertentu. Penelitian ini digunakan untuk mendapatkan data penelitian yang sebenar-benarnya. Hasil penelitian yang telah penulis laksanakan, penulis mendapatkan data penelitian tentang kondisi proses penerapan metode pembelajaran yang berlangsung di kelas VB SDN Brumbung. Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas VB SDN Brumbung adalah metode pembelajaran tutor sebaya. Guru memberikan instruksi kepada siswa sebelum menerapkan metode tersebut, siswa yang dianggap pandai dipilih sebagai tutor. Melalui metode pembelajaran tutor sebaya yang diterapkan oleh guru dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VB SDN Brumbung. Salah satu contoh siswa kelas VB yang bernama Nurul Hidayah, nilai PTS pada KD 3.1 mendapatkan skor 90 sedangkan nilai PAS pada KD 3.2 mendapatkan skor 95. Hal ini membuktikan bahwa prestasi belajar siswa kelas VB yang bernama Nurul Hidayah meningkat dari nilai PTS dengan skor 90 hingga nilai PAS dengan skor 95.

Kata kunci : tutor sebaya dan prestasi belajar

The purpose of this study is to describe the planning process, the implementation of peer tutoring methods, and the achievement of VB SDN Brumbung students. The type of this research is qualitative descriptive research. Descriptive qualitative research design. This research method is case study. The case study is to explain a particular problem, event, and situation. This research is used to get the actual research data. The results of the research that has been carried out authors, the authors get research data about the process conditions of application of learning methods that take place in the VB SDN Brumbung class. Learning method applied in VB SDN Brumbung class is peer tutor learning method. The teacher gives instruction to the students before applying the method, the student who is considered smart chosen as tutor. Through peer tutor learning method applied by the teacher can improve student achievementof grade VB SDN Brumbung. One example of a VB class student named Nurul Hidayah, PTS on KD 3.1 got a score of 90 while the value of PAS in KD 3.2 got a score of 95. This proves that the achievement of students of class VB named Nurul Hidayah increased from PTS with a score of 90 to value of PAS with score of 95.

Keywords: peer tutor and learning achievement


Full Text: 64-71