Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU MEDIA CARD MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SD BANGETAYU KULON SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Winanda Raynadi, Aries Tika Damayani, Asep Ardiyanto

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Guru dalam menyampaikan materi kurang bervariasi dan tidak menggunakan alat peraga atau menggunakan model pembelajaran serta siswa masih beranggapan materi dan kurikulum IPA sulit dipahami, terlalu banyak kata-kata asing yang sukar dihafal, kurangnya media atau fasilitas pembelajaran, serta sering berubahnya suatu konsep materi akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakahpengaruh model pembelajaran student team achievement division berbantu media card match terhadap prestasi belajar IPA kelas V SDN Bangetayu Kulon Semarang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran student team achievement division berbantu media card match terhadap prestasi belajar IPA kelas V SDN Bangetayu Kulon Semarang.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain True Experimental Design yang berbentuk One Group Pretest-Posttest Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Bangetayu Kulon Semarang yang terdiri dari 44 siswa.Sampel yang diambil adalah 22 siswa V A dengan menggunakan teknik Probability Sampling.Data penelitian diperoleh melalui tesdanĀ  dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan š›¼ = 0,05 dengan thitung = 4,428dan ttabel = 2,093. Karena thitung> ttabel yaitu 4,428>2,093sehingga Ha diterima. Jadi dapat dikatakan bahwa pengaruh model pembelajaran student team achievement division berbantu media card match terhadap prestasi belajar IPA kelas V SDN Bangetayu Kulon Semarang.Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran student team achievement division berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA kelas V SDN Bangetayu Kulon Semarang.Model pembelajaran student team achievement division berbantu media card matchdapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam pembelajaran IPA.

Kata kunci: Model Pembelajaran student team achievement division, prestasi belajar IPA, media card match.

Ā 

Abstract

This research is motivated by the low achievement of students who have not reached KKM established by the school. Teachers in delivering materials are less varied and do not use props or use learning models and students still think the material and science curriculum are elusive, too many foreign words are difficult to memorize, lack of media or learning facilities, and often the changing of a material concept due to the development science and technology .. The problems studied in this research is whether the influence of learning model student achievement division team assisted media card match on the achievement of science learning class V SDN Bangetayu Kulon Semarang. The objectives to be achieved in this research is to know the effect of learningĀ Ā model student achievement division team assisted media card match to the achievement of science learning class V SDN Bangetayu Kulon Semarang. The type of this research is experimental research using quantitative approach with True Experimental Design design in the form of One Group Pretest-Posttest Design. The population in this study is all students of class V SDN Bangetayu Kulon Semarang consisting of 44 students. The sample taken is 22 students V A by using Probability Sampling technique. Research data obtained through test and documentation. Based on result of hypothesis analysis using t test with significant level Ī± = 0,05 with tcount = 4,428 and ttable = 2,093. Because thitung> ttable is 4.428> 2.093 so Ha is accepted. So it can be said that the influence of learning model student achievement division team assisted media card match on the achievement of science learning class V SDN Bangetayu Kulon Semarang. So it can be concluded that the student achievement division student learning model has an effect on the learning achievement of science class V SDN Bangetayu Kulon Semarang. Student achievement model student achievement division model of media card match can be used as one of teacher alternative in science learning.

Keywords: STAD (student team achievement division) learning model, natural science learning achievement, card match media


Full Text: PDF