Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL INDEX CARD MATCH BERBANTU MEDIA KARTU SIAPA AKU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN 03 SRAGI PEKALONGAN
Risky Yulianti

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar untuk mengetahui keefektifan Model Index Card Match berbantu media kartu siapa aku terhadap hasil belajar IPS Kelas V SDN 03 Sragi pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design jenis Postest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 03 Sragi Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah 54 siswa kelas VA dan VB dengan menggunakan tekhnik non probability sampling jenis sampling jenuh.   Hasil penelitian diperoleh nilai posttest pada kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 75,00 dan nilai posttest pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 80,54. Berdasarkan hasil analisis dari hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan uji t didapatkan thitung lebih besar dari ttabel (2,404>2,007). Ketuntasan Belajar Individu sebesar 80% dan presentase Ketuntasan Belajar Klasikal sebesar 85,71%. Kesimpulan yang diperoleh bahwa Model Index Card Match berbantu media kartu siapa aku efektif terhadap hasil belajar siswa meningkat sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas V SD N 03 Sragi Pekalongan.

Kata kunci: Model Index Card Match, Kartu Siapa Aku, Hasil Belajar

 

ABSTRACT

This study aims find out how much to know the effectiveness Index Card Match Assisted media card who am I against the results of learning IPS Class V SDN 03 Sragi Pekalongan. This typ of research is quantitative research in the form of true Experimental design type Postest Only Control desain. The population of this study is all student of grade V SD N 03 Sragi Pekalongan 2016/2017 academic year. Samples taken are 54 students of class VA and VB by using technique of non probability sampling type saturated sampling.  The result of this research is posttest value in control class with average of 75,00 and posttest value in experiment class with average equal 80,54. Based on the result of analysis from result of control class and experiment class by using t test obtained t calculate bigger than ttable (2,404>2,007). Completed learning Individuals by 80% and percentage of classical learning exhaustiveness of 85.71%. The conclusion obtained that the Index card Match Model assisted the card media who I am effective against student learning outcomes are increasing so effectively used in learning on subjects IPS class V SD N 03 Sragi Pekalongan. Keywords: Index Card Match Model, Card Who I Am, Learning Outcomes


Full Text: PDF