Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN PETERONGAN KOTA SEMARANG
Pramita Citra Ningrum

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran yang kurang maksimal ditandai dengan kurang aktifnya peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan kurangnya partisipasi peserta didik dalam belajar, yang berdampak pada hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Permasalahan yang dikaji adalah “apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantu media Puzzle berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik kelasVSDN Peterongan Semarang?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantu mediaPuzzle ditinjau dari peningkatan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN Peterongan Semarang. Hipotesis penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantu media Puzzle berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN Peterongan Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian true eksperimental design dengan pretest-posttest control group design. Penelitian eksperimen pada kelas Vsemester II dengan kelas VB sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantu media Puzzle dan kelompok kontrol tidak diberi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantu media Puzzle. Berdasarkan hasil penelitian didapat hasil analisis uji t (satu pihak) dan uji N-Gain t’hitung(2,453)> ttabel (1,70), diikuti peningkatan hasil belajar sedang yakni 0,38222. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantu media Puzzle berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kata Kunci :Model Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) , media puzzle, hasil belajar,IPS

 

Abstract

the background of this research is less maximal learning process characterized by less active learners in following the learning process. This resulted in the lack of participation of learners in learning, which impact on learning outcomes obtained by learners. The problem studied is "whether the cooperative learning model type Think Pair Share media Puzzle helped to improve learning outcomes Social Sciences (IPS) students class VSDN Peterongan Semarang?". This study aims to determine the influence of cooperative learning model type Think Pair Share mediaPuzzle assisted in terms of improving learning outcomes IPS class V students SDN Peterongan Semarang. The hypothesis of this study is learning by using cooperative learning model Think Pair Share assisted mediaPuzzle influential to improve learning outcomes IPS class V students SDN Peterongan Semarang. This research is an experimental research with true experimental design research design with pretest-posttest control group design. Experimental research on V semester II class with VB class as experiment group and VA class as control group. The experimental group was given cooperative learning model of Think Pair Share with Puzzle media and the control group was not given cooperative learning model of Think Pair Share with Puzzle media. Based on the result of the research, the result of t test analysis (one side) and N-Gain test t'hitung (2,453) > ttable (1,70), followed by the improvement of medium learning result that is 0,38222. It can be concluded that the cooperative learning model of Think Pair Share type helped Puzzle media influence to improve students' learning outcomes in IPS subjects material of Proclamation of Independence of the Republic of Indonesia.

Keywords: Think Pair Share Co-operative Model (TPS), puzzle media, learning result, IPS


Full Text: PDF