Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
POLA ASUH ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR: STUDI KASUS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GADUNGREJO KEBUMEN
Siti Khaizatul Khikmah

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran orangtua akan pentingnya memberikan pola asuh yang efektif terhadap anak yang berpengaruh pada prestasi belajar yang diperoleh di sekolah. Permasalahan dalam penelitian yaitu “Bagaimana pola asuh orangtua siswa V SD Negeri Gadungrejo Kebumen?”, “Bagaimana prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gadungrejo Kebumen?” dan “Bagaimana hubungan pola asuh orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gadungrejo Kebumen?”. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pola asuh orangtua serta hubungannya dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gadungrejo Kebumen. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan deskriptif persentase. Subyek penelitian adalah orangtua dan siswa kelas V SD Negeri Gadungrejo Kebumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga pola asuh yang diterapkan orangtua siswa diantaranya sejumlah 75% pola asuh cenderung demokratis, 17,5% pola asuh cenderung otoriter, dan 7,5% pola asuh cenderung permisif. Siswa dengan pola asuh cenderung demokratis memiliki prestasi belajar yang baik. Siswa dengan pola asuh cenderung otoriter memiliki prestasi belajar yang cukup. Siswa dengan pola asuh cenderung permisif memiliki prestasi belajar yang cukup. Simpulan dari penelitian ini adalah pola asuh orangtua berpengaruh/berhubungan dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gadungrejo Kebumen.

Kata Kunci: Pola Asuh Orangtua, Prestasi Belajar, Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Prestasi Belajar

 

Abstract

The research is motivated by the lack of awareness of parents of the importance of providing effective parenting to the children who have an effect on the learning achievement obtained in school. The problem in the research is "How to parenting parents of V element of State Elementary School Gadungrejo Kebumen?", "How is the achievement of Grade V SD Negeri Gadungrejo Kebumen?" And "How to relate parenting pattern to the achievement of grade V SD Negeri Gadungrejo Kebumen?" . The aim of this research is to know parenting pattern and its relation with the achievement of V student of SD Negeri Gadungrejo Kebumen. Type of descriptive qualitative research with descriptive percentage approach. The subjects of the study were parents and students of grade V SD Negeri Gadungrejo Kebumen. The results showed that there are three parenting patterns applied by parents, some of them are 75% tends to be democratic, 17.5% tends to be authoritarian, and 7.5% of parenting tend to be permissive. Students with democratic parenting tend to have good learning achievement. Students with tendency to tend to have authoritative learning achievement. Students with parenting tend to be permissive have sufficient learning achievement. The conclusion of this research is parenting parenting influenced / correlated with student achievement class V SD Negeri Gadungrejo Kebumen.

Keywords: Parents Parenting Patterns, Learning Achievements, Parenting Parenting Relationships and Learning Achievements


Full Text: PDF