Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH PROGRAM GEMAR MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENGARANG PADA SISWA KELAS IV SDN BUGANGAN 02 SEMARANG
HAKIMAH SAIDAH

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Program gemar membaca adalah nama lain dari literasi membaca yang digunakan SDN Bugangan 02Semarang. Pelaksanaan program gemar membaca yaitu 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar siswa membaca buku dengan judul sesuai keinginannya. Pada penelitian ini siswa di beri buku yang berjudul “kumpulan cerpen anak tentang kebiasaan memakan makanan sehat”. Cerpen ini berisi enam judul cerpen anak dengan tema makanan sehat. tema ini sesuai dengan buku guru tema 9 kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program gemar membaca terhadap kemampuan mengarang siswa. Penelitian ini menggunakan Pre-eksperimen Designs dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Bugangan 02 Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program gemar membaca mempengaruhi kemampuan mengarang siswa.

Kata Kunci: Gemar membaca, Program, Kemampuan, Mengarang.

 

Abstract

The reading program is another name for reading literature used by SDN Bugangan 02Semarang. Implementation of the program likes to read that is 15 minutes before the learning activities of students reading books with the title as he wishes. In this study students are given a book entitled "a collection of children's stories about the habit of eating healthy food". This short story contains six titles of children with a theme of healthy food. This theme is in accordance with the 9th grade theme teacher's book. This study aims to determine the effect of reading programs on the ability to make students. This research uses Pre-Experiment Designs with quantitative approach. The sample of this research is all students of grade IV SDN Bugangan 02 Semarang. The results of this study indicate that reading programs affect students' writing ability.

Keywords: Love to read, Program, Ability, Compose.

 

 


Full Text: PDF