Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTU METODE DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III
Ari Bintari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak :

Rendahnya hasil belajar Matematika dan keaktifan siswa disebabkan kurangnya model pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan dan motivasi siswa.Rumusan masalah penelitian ini yaitu Apakah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan berbantu metode discovery efektif terhadap hasil belajar siswa kelas III.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model NHT (Number Head Together) dengan berbantu metode discovery terhadap hasil belajar matematika kelas III SDN Mewek.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN Mewek Kabupaten Purbalingga.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument penelitian preetest, posttest, dokumentasi, dan lembar observasi.Berdasarkan hasil analisis akhir yang telah dilakukan terlihat dari persentase ketuntasan belajar siswa yang menunjukkan pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran NHT sebanyak 5 siswa yang tuntas dengan persentase 25% dan 15 siswa belum tuntas dengan persentase 75%. Sedangkan setelah diberi perlakuan (posttest) dengan menggunakan model pembelajaran NHT dan media pizza pecahan yang tuntas 16 siswa dengan persentase 80% dan 4 siswa belum tuntas dengan persentase 20%. Hal tersebut diperkuat dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa hasil  thitung83,57 selanjutnya dibanding ttabel 1,729 dengan db 20-1 pada taraf signifikan 5%. Hasil ini menunjukkan thitung>ttabel yaitu 83,57> 1,729.

Kata Kunci: Number Head Together (NHT), Media konkret, Pecahan.

 

Abstract

Low mathematics learning outcomes and student activeness due to lack of effective learning model in optimizing students ability and motivation. The formulation of this research problem is whether the learning model Number Head Together (NHT) with the help of effective discovery method to the result of student learning class III. This study aims to determine the effectiveness of the model with the help of the method of discovery of learning mathematics class III SDN Mewek. The subject of this study obtained through research instrument, pretest, posstest, documentation, and observation sheet. Based on the results of the final analysis that has been done visible from the percentage of mastery learning aiswa show learning without using learning model NHT as 5 students who completed with 25% percent and 15 students have not completed with the percentage 75%. Whereas after being given (posttest) treatment using NHT learning model and pizza media fractions that complete 16 students with percentage 80% and 4 students have not completed with percentage 20%. It is reinforced by uji t arithmetic thitung 83,57 futher ttabel 1,729 with db 20-1 at a significant level 5%. This shows that thitung>ttabelis 83,57> 1,729.

Keywords: Number Head Together (NHT), Concrete media, Fractions.


Full Text: PDF