Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENERAPAN STAD BERBANTU KUARTET CARD DALAM MATA PELAJARAN IPA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI WONOSARI
Ariana Nur Hayati, Filia Prima Artharina, Oktaviana Adhi

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini didasari oleh beberapa masalah diantaranya: 1) Peserta didik yang kurang antusias dalam proses pembelajaran. Siswa kurang tertarik dengan proses pembelajaran di dalam kelas, 2) Proses pembelajaran yang dilakukan guru monoton. Dalam pembelajaran guru cendrung lebih sering menggunakan metode ceramah, 3) Guru tidak menggunakan media pembelajaran pada saat mengajarkan materi Energi dan Perubahan Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Penerapan STAD Berbantu kuartet Card Dalam Matapelajaran IPA Materi Energi dan  Perubahan  meningkatkan minat belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Wonosari  Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dalam bentuk True Experimental Design dengan desain Pretest-Postest Control Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa kelas IV A dan siswa kelas IV B dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu sampel jenuh. Analisis instrumen yang digunakan adalah validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan STAD Berbantu kuartet Card.analisis akhir dengan uji t satu pihak yaitu diperoleh thitung = 2,85 Dari daftar distribusi t dengan dk = 30 + 30 – 2 = 58 dan taraf nyata 5% diperoleh ttabel = 2,75. Karena thitung> ttabel maka H0 ditolak, sehingga nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hipotesis pada penelitian ini diterimadapat disimpulkan Model  STAD berbantu Kuarted Card  lebih baik terhadap hasil belajar IPA  siswa kelas IV SD Negeri Wonosari. Hasil angket minat belajar yang diberikan kepada siswa telah mengalami peningkatan dari 70% menjadi 85%. Pembelajaran menggunakan model STAD berbantun Kuarted Card merupakan pembelajaran yang menarik perhatian, menjadikan siswa menjadi aktif dan dapat meningkatkan minta belajar siswa. Terbukti pembelajaran STAD berbantu media Kuarted Card adalah 85% termasuk dalam kategori sangat tinggi Saran yang dapat penulis sampaikan hendaknya bahwa guru pada saat mengajar dengan menggunakan model STAD berbanyu media kuarted Card harus bisa mengatur alokasi waktu dalam mengajar dengan baik, supaya pembelajaran sesuai dengan tujuan dari pembelajaran yang telah ditetapkan.

Kata Kunci: STAD, IPA, minatbelajar

 

Abstract

This research is based on several problems such as: 1) Students who are less enthusiastic in the learning process. Students are less interested in the process of learning in the classroom, 2) The learning process is done monotonous teacher. In teacher learning tends to use lecture method more often, 3) Teachers do not use instructional media when they teach Energy and Change material The purpose of this study is to know the application of STAD Assisted Quartet Card In Mathematics Science Material Energy and Change increase the interest of students in grade IV SD Negeri Wonosari academic year 2016/2017. This type of research is experimental in the form of True Experimental Design with Pretest-Postest Control Design design. The population in this study were 60 students of class IV A and grade IV B students by using nonprobability sampling technique that is saturated sample. Analysis of the instruments used are validity, reliability, difficulty level, and distinguishing power. The data in this research is obtained through test, documentation and observation. Based on the results of the study showed that learning using STAD Assisted Quartet Card.analysis with t test one party that is obtained thitung = 2.85 From the list of distribution t with dk = 30 + 30 - 2 = 58 and 5% real level obtained ttable = 2 , 75. Because thitung>ttable then H0 is rejected, so the average value of the experimental class is greater than the control class. Hypothesis in this research can be concluded that STAD model assisted by Quarted Card is better toward science learning result of fourth grade student of SD NegeriWonosari. The result of questionnaire interest in learning given to students has increased from 70% to 85%. Learning using STAD model berbantunKuarted Card is a learning that attracts attention, making students become active and can improve student demand for learning. Proven learning STAD help Quarted Card media is 85% included in the category very high Suggestions that the author can convey should be that teachers at the time of teaching by using STAD model berbanyuQuarted Card media should be able to set the allocation of time in teaching well, so that learning in accordance with the objectives of the learning that has been set.

Keywords: STAD, natural science, learning interes


Full Text: PDF