Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
Keefektifan Media Bonus (Boneka Nusantara) dalam Pembelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Jepatlor
Jelita Febnatasari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini diadakan untuk mengetahui keefektifan media bonus (Boneka Nusantara) dalam pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri Jepatlor.Dari hasil analisis data yang diperoleh di lapangan didapatkan bahwa media BONUS (Boneka Nusantara) efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran IPS.Berdasarkan hasil perhitungan uji t dan hasil uji ketuntasan diperoleh thitung = 2,686. Dari daftar distribusi t dengan dk = 50 diperoleh 2,008. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Pada kelas eksperimen terlihat bahwa nilai tertinggi yang diperoleh siswa yaitu 100, sedangkan nilai terendah yang diperoleh yaitu 35 dengan rata-rata 72,9 dan sudah mencapai KKM yaitu 62. Pada kelas kontrol nilai tertinggi yang diperoleh siswa yaitu 90, sedangkan nilai terendah yang diperoleh siswa yaitu 25 dengan rata-rata 61,7 dan belum mencapai KKM. Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia dengan menggunakan media Bonus (Boneka Nusantara) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: media boneka nusantara, IPS, hasil belajar

 

ABSTRACT

This research was conducted to find out the effectiveness of bonus media (Boneka Nusantara) in the study of IPS material of ethnicity and Indonesian culture diversity toward the result of the 4th graders of SD Negeri Jepatlor. From the results of data analysis obtained in the field found that the media BONUS (Boneka Nusantara) effective to improve student learning outcomes, especially in social studies subjects. Based on the results of t test calculations and the results of the test obtained mastery thitung = 2.686. From the distribution list t with dk = 50 obtained 2,008. From the calculation shows that the value of t-count is greater than the value of t-table, so Ho is rejected and Ha accepted. In the experimental class showed that the highest score obtained by students is 100, while the lowest value obtained is 35 with an average of 72.9 and has reached KKM is 62. In the control class the highest score obtained by students is 90, while the lowest value obtained students are 25 with an average of 61.7 and have not reached the KKM. Based on the above description can be seen that the IPS learning material diversity of ethnic groups and culture of Indonesia by using media Bonus (Boneka Nusantara) effective in improving student learning outcomes.

Keywords: media BONUS (Boneka Nusantara), social science, learning outcome


Full Text: PDF