Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTU MEDIA PAJAR (PAPAN JARUM PUTAR) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 01 SUMUBKIDUL KABUPATEN PEKALONGAN
Antika Sukma Prasasti

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipeTwo Stay Two Stray (TSTS) berbantu media pajar (papan jarum putar) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Sumubkidul Pekalongan.Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD N 01 Sumubkidul Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 52 siswa terdiri dari kelas VA dan VB dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Analisis instrumen yang digunakan adalah validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui soal tes berupa pretest (sebelum perlakuan) dan posttest (setelah perlakuan). Hasil analisis tes hasil belajar pada pretest pada kelas kontrol adalah 67,38 dan hasil belajar pada posttest pada kelas kontrol adalah 75,231 sedangkan pretest kelas eksperimen adalah 66,30 dan postest kelas eksperimen adalah 77,92 Dari hasil tersebut, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu media pajar (papan jarum putar) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 01 Sumubkidul Kabupaten Pekalongan. Oleh karena itu disimpulkan bahwaada pengaruh model pembelajaranmodel kooperatif tipeTwo Stay Two Stray (TSTS) berbantu media pajar (papan jarum putar) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 01 Sumubkidul Kabupaten Pekalongan Oleh karena itu disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipeTwo Stay Two Stray (TSTS) berbantu media pajar (papan jarum putar) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 01 Sumubkidul Kabupaten Pekalongan.

Kata Kunci : model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), media pajar, hasil belajar, IPA

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of cooperative model type Two Stay Two Stray (TSTS) aided media pajar (rotary needle board) to the results of students of class V SD Negeri 1 Sumubkidul Pekalongan. This research type is experiment. The population in this study were all students of grade V SD N 01 Sumubkidul Pekalongan Regency which amounted to 52 students consisting of VA and VB class by using saturated sample technique. The research design used was Quasi Experimental Design. The instrument analysis used is validity, reliability, difficulty level, and distinguishing power. The data in this study were obtained through test questions in the form of pretest (before treatment) and posttest (after treatment).  The result of test result of learning result at pretest in control class is 67,38 and result of learning in posttest in control class is 75,231 while pretest of experiment class is 66,30 and postest experiment class is 77,92 From the result, show that there is improvement of learning result In the learning using cooperative model type Two Stay Two Stray (TSTS) assisted pajar media (rotary needle board) on the results of science learning class V SDN 01 Sumubkidul Pekalongan District. Therefore it is concluded that the influence of learning model of cooperative model type Two Stay Two Stray (TSTS) assisted pajar media (rotary needle board) on the results of science learning class V SDN 01 Sumubkidul Pekalongan Regency Therefore it is concluded that there is influence of cooperative learning model type Two Stay Two Stray (TSTS) assisted media pajar (rotary needle board) to the result of science learning of grade V SDN 01 Sumubkidul Pekalongan Regency.

Keywords: Two Stay Two Stray (TSTS) cooperative model, pajar media, learning outcomes, IP


Full Text: PDF