Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS CAMTASIA TERHADAP HASIL BEAJAR TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD
Budi Cahyaningtrias

Last modified: 2018-03-12

Abstract



Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran dalam proses pembelajaran oleh guru serta metode pembelajaran yang tersifat teacher center yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa.  Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kalicari 01 Semarang. Sampel yang diambil adalah kelas IV dengan menggunakan probability sampling teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui posttest dengan menggunakan soal pilihan ganda. Desain penelitian yang digunakan adalah Intact-Group Comparasion.  Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh data nilai awal siswa yang diperoleh dari guru dengan rata-rata nilai kelas IV A adalah 6,5 dan rata-rata nilai kelas IV B adalah 65,6. Kemudian kelompok eksperimen yaitu kelas IV A diberi perlakuan menggunakan media audio visual berbasis Camtasia, sedangkan kelompok kontrol kelas IV B menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah adanya perlakuan, nilai posttest kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 88,5 dan seluruh siswa tuntas. Sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 72,1 dan ada 11 siswa belum tuntas. Pada analisis akhir perhitungan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi = 0,05 dimana db= n-1= 30-1= 29 diperoleh thitung= 5,153, ttabel= 1,671 yaitu 5,153 > 1,671 sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan media audio visual berbasis Camtasia terhadap hasil belajar tema Daerah Tempat Tinggalku pada siswa kelas IV SDN Kalicari 01 Semarang.

Kata kunci: Audio Visual berbasis Camtasia

 

Abstract

This research is motivated by the lack of variation of instructional media in the learning process by the teacher and the learning method which is the teacher center which causes the low result of the student learning.  This type of research is quantitative. The population in this research is the fourth grader of SDN Kalicari 01 Semarang. The sample taken is class IV by using probability sampling of saturated sampling technique. The data in this study were obtained through posttest using multiple choice questions. The research design used is Intact-Group Comparasion.  Based on the data analysis, the data obtained by the students' initial score obtained from the teacher with the average grade A grade is 6.5 and the average grade IV B is 65.6. Then the experimental group that is class IV A was treated using Camtasia-based audiovisual media, while the control group of class IV B using conventional learning. After the treatment, the posttest grade of the experimental class obtained an average of 88.5 and all students completed. While the control class has an average value of 72.1 and there are 11 unfinished students. In final analysis calculation using t test with significance level α = 0,05 where db = n-1 = 30-1 = 29 obtained tcount = 5,153, ttabel = 1,671 that is 5,153> 1,671 so Ha accepted. So it can be concluded that there is significant influence of Camtasia-based audio-visual media on the learning outcomes of the theme of My Place of Highness in the fourth grade students of SDN Kalicari 01 Semarang.

Keywords: Audio Visual Based camtasia


Full Text: PDF