Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTU VIDEO TUTORIAL TEMA 8 SUBTEMA 2 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV
NOVI RIYANI

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini kurang maksimalnya hasil belajar siswa dan kemampuan kognitif siswa yang disebabkan dalam pembelajarannya guru masih menggunakan model konvensional, dan kurangnya inovasi guru dalam proses pembelajaran, tidak adanya penggunaan media elektronik ataupun audio visual sehingga siswa cenderung bosan dan tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran, tidak adanya media yang menumbuhkan semangat siswa dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbantu media video tutorial tema 8 subtema 2 kelas IV SDN 02 Pelang Jepara? Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya perbedaan hasil pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbantu media video tutorial tema 8 subtema 2 kelas IV SDN 02 Pelang Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian True Experimental Design tipe Posttest Only Control Design. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode observasi. Analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, data pembeda dan taraf kesukaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis awal yang menggunakan uji normalitas, dan analisis akhir menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbantu media video tutorial tema 8 subtema 2 kelas IV SDN 02 Pelang Jepara memiliki rata-rata nilai 70, setelah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbantu media video tutorial nilai rata-rata siswa 77,8. Hal ini terbukti pada anlisis data dengan menggunakan uji-t. Thitung > ttabel, 2,389 > 1,708. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbantu media video tutorial tema 8 subtema 2 kelas IV SDN 02 Pelang Jepara. Keterbatasan penelitian ini yaitu pada saat penerapan media video tutorial menyita beberapa waktu karena di dalam kelas belum terdapat LCD proyektor, jadi memerlukan waktu untuk memasang dan menyiapkan sarana prasarana. Oleh karena itu, guru yang akan menggunakan media video tutorial dan di kelas belum adanya fasilitas yang memadai harus mempersiapkan sarana prasarana terlebih dahulu, agar pembelajaran dapat berjalan maksimal tanpa hambatan.

Kata kunci : pendekatan saintifik, video tutorial, hasil belajar

 

Abstract

The background of this research is less maximal result of student learning and student's cognitive ability caused by teacher's learning still using conventional model, and lack of teacher innovation in learning process, lack of use of electronic media or audio visual so that student tends to be bored and not active role in learning process, the absence of media that foster the spirit of students in the learning process. Problems in this research is whether there are differences in learning outcomes before and after learning using a scientific approach assisted media video tutorial theme 8 subtheme 2 class IV SDN 02 Pelang Jepara? This study aims to identify whether or not differences in learning outcomes using a scientific approach assisted media video tutorial theme 8 subtheme 2 class IV SDN 02 Pelang Jepara. The type of this research is quantitative research with design research True Experimental Design type Posttest Only Control Design. Data collection method used in this research is test method and observation method. Analysis of the instrument used is the test of validity, reliability, data differentiation and level of difficulty. Data analysis techniques in this study used preliminary analysis using normality test, and final analysis using t-test. Based on the results of data analysis showed that learning using scientific approach helped media video tutorial theme 8 subtheme 2 class IV SDN 02 Pelang Jepara has an average value of 70, after learning using scientific approach assisted media video tutorial student average score of 77.8. This is evident in data analysis using t-test. Thitung> ttable, 2,389> 1,708. Can be concluded that there are differences in learning outcomes using scientific approach aided media video tutorial theme 8 subtheme 2 class IV SDN 02 Pelang Jepara. Limitations of this research is when the application of video tutorial media takes up some time because in the class there is no LCD projector, so it takes time to install and prepare the infrastructure facilities. Therefore, teachers who will use the video tutorial media and in the class there is no adequate facilities should prepare the infrastructure facilities in advance, so that learning can run optimally without a hitch.

Keywords : scientific approach, tutorial video, learning outcome


Full Text: PDF