Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD NEGERI BRATI 01 PATI
DWI PUTRI HARDIKNA

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran ditandai dengan kurangnya semangat, perhatian, ketekunan dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini menunjukkan minat siswa terhadap mata pelajaran IPS dan hasil nilai siswa kelas III yang diperoleh dari SDN Brati 01 pada awal tengah semester  I tahun pelajaran 2016/ 2017, rata-rata nilai yang diperoleh dari 20 siswa hanya mencapai 74,45. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah keefektifan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) berbantuan Media Puzzle terhadap minat belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri Brati 01 Pati? Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya perbedaan minat belajar IPS berbantu media puzzle pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament pada siswa kelas III SD Negeri Brati 01 Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode observasi. Analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, data pembeda dan taraf kesukaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis awal uji normalitas dan analisis data akhir menggunakan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS yang awalnya belum menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantu media puzzle memiliki rata-rata nilai 71,20, setelah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantu media puzzle nilai rata-rata siswa 82,25. Hal ini terbukti pada analisis data dengan menggunakan uji-t. Thitung> ttabel, 3,554> 1,671. Oleh karena itu, model pembelajaran Teams Games Tournament berbantu media puzzle efektif pada  pembelajaran IPS siswa kelas III SD Negeri Brati 01 Kabupaten Pati. Berdasarkan simpulan yang telah dipaparkan, pembelajaran menggunakan model Teams Games Tournament berbantu media puzzle dapat membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, mampu memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan konsep yang dipelajari, bekerja sama dengan siswa lain dan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri Brati 01 Pati.

Kata kunci : model pembelajaran TGT, media puzzle, minat belajar

 

Abstract

The background of this study is the lack of student interest in learning is characterized by lack of enthusiasm, attention, persistence and active participation of students in the learning process. This indicates students' interest in IPS subjects and grade III student results obtained from SDN Brati 01 at the beginning of middle of first semester of academic year 2016/2017, the average value obtained from 20 students only reach 74.45. Problems in this research is how effectiveness of learning model of TGT (Teams Games Tournament) supported by Media Puzzle to study interest of IPS Grade III student of SD Negeri Brati 01 Pati? This study aims to identify whether or not there is a difference in IPS learning interest in helping puzzle media in the experimental class and control class using Teams Games Tournament learning model in third grade students of SD Negeri Brati 01 Kabupaten Pati. The type of this research is experimental research with Nonequivalent Control Group Design research design. Data collection method used in this research is test method and observation method. Analysis of the instrument used is the test of validity, reliability, data differentiation and level of difficulty. Data analysis techniques in this study using initial analysis of normality test and final data analysis using homogeneity test. Based on the results of data analysis showed that learning IPS that had not used the Teams Games Tournament learning model helped puzzle media has an average value of 71.20, after using Teams Games Tournament learning model assisted puzzle media student average score 82.25. This is evident in data analysis using t-test. Thitung> ttable, 3,554> 1,671. Therefore, Teams Games Tournament learning model is effective media puzzle on IPS learning of third grade students of SD Negeri Brati 01 Kabupaten Pati. Based on the conclusions that have been exposed, learning using Teams Games Tournament model helped puzzle media can make students more active in learning activities, able to solve problems related to the concepts studied, working with other students and can increase interest and learning outcomes IPS students class III SD Negeri Brati 01 Pati.

Keywords : TGT learning model, puzzle media, learning interest


Full Text: PDF