Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PEMBELAJARAN MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Lisa Andarwati, Henry Januar Saputra1, Ikha Listyarini

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah masih banyak siswa di kelas III yang mengalami kesulitan untuk memahami pembelajaran IPA. Hal ini ditunjukkan denganhasil belajarmata pelajaran IPA siswa kelas III SDN Sawah Besar 01 Semarang yang kurang memenuhi target dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Dengan nilai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 70, sedangkan siswa yang memenuhi KKM hanya 15 siswa dari 40 siswa yang ada dalam satu kelas.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keeefektifan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantu Media Flashcard Terhadap Hasil belajar IPA Materi Sumber Energi Siswa Kelas III SDN Sawah Besar 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa  kelas III SDN Sawah Besar 01 Semarang. Sampel yang diambil adalah 40 siswa dari masing-masing kelas. Kelas Kontrol dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian pretest, posttest, dokumentasi, tes, wawancara. Berdasarkan hasil analisis dari hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 6,026. Dari daftar distribusi t dengan dk = 40 + 40 – 2 = 78 diperoleh 1,991. Karena thitung 6,026 > 1,991 ttabel maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (82,1) lebih besar dari kelas kontrol (70,6). Berdasarkan hasil perhitungan ketuntasan belajar klasikal pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran group investigation berbantu media flashcard diperoleh nilai ketuntasan belajar 95%,  dibandingkan kelas kontrol hanya memperoleh 60%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation berbantu media flashcard terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi kelas III SDN Sawah Besar 01 Semarang efektif.

Kata kunci : group investigation, flashcard, hasil belajar

 

ABSTRACT

The background of the underlying research is that there are still many students in the third grade who have difficulty understanding the science lesson. This is indicated by the result of learning lesson of science students of grade 3 SDN Sawah Besar 01 Semarang which is less meet the target of Minimum Exhaustiveness Criteria (KKM). With the value of KKM that has been determined by the school that is 70, while the students who meet the KKM only 15 students from 40 students in one class. The purpose of this study is to determine effectiveness Learning Group Investigation Model Flashcard Media Helped Science Learning Results Material Resources Energy Student Class III SDN Sawah Besar 01 Semarang. This type of research is quantitative research in the form of True Experiment Design. The population in this study is the overall grade 3 students SDN Sawah Besar 01 Semarang. The samples taken are 40 students from each class. Class Control using Simple Random Sampling technique. The research design used is Pretest-Posttest Control Group Design. This research data is obtained through research instrument of pretest, posttest, documentation, test, interview. Based on the analysis result of learning result of control class and experiment class by using result of t test calculation obtained tct = 6,026. From the t distribution list with dk = 40 + 40 - 2 = 78 we get 1.991. Because tcount 6.026> 1,991 ttable then Ho is rejected, so it can be concluded that the average learning result of experimental class (82,1) is bigger than control class (70,6). Based on the results of classical completion of learning in the experimental class after being given treatment using learning model group investigation assisted flashcard media obtained 95% learning mastery score, compared to control class only get 60%. So it can be concluded that the model of study group investigation assisted flashcard media on the learning outcome of science class energy resources class III SDN Sawah Besar 01 Semarang effective.

Keywords: group investigation, flashcard, learning result


Full Text: PDF