Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
MEDIA WAYANG KARTUN EFEKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI IPS di SEKOLAH DASAR
Hardiana Lidya Aryantari, Henry Januar Saputra, Ikha Listyarini

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah masih banyak siswa di kelas III yang mengalami kesulitan untuk memahami konsep materi pada mata pelajaran IPS. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar berupa nilai UTS masih rendah saat peneliti melakukan wawancara di sekolah. Selain itu guru belum menggunakan mediapembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan keaktifan siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keeefektifan Media Wayang Kartun Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Jual Beli Kelas III SD Negeri Denasri Kulon 02 Batang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Expriment Designtipe Pretest-Postest Control Grup Design . Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa  kelas III SDN Denasri Kulon 02 Batang. Sampel yang diambil adalah 25 siswa Kelas Eksperimen dan 24 siswa Kelas Kontrol dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling(dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu). Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian pretest, posttest, dokumentasi, tes, wawancara.Hasil penelitian diperoleh nilai posttest pada kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 71,5 dan nilai posttest pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 83,8. Berdasarkan hasil analisis dari hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan uji t didapatkan thitung 4,150> 2,011 ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan penggunaan media wayang kartung sangat efektf. Hasil analisis menunjukkan bahwa prosentase klasikal kelompok eksperimen 92%(lebih dari 85%) dan kelas kontrol 71%(kurang dari 85%). Hal tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan thitung = 6,571 selanjutnya dibandingkan dengan ttabel  = 2,064 dengan dk = 25-1 pada taraf signifikan α = 5%. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,571> 2,064. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen materi jual beli pada siswa kelas III SD Negeri Denasri Kulon 02 Batang. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru-guru perlu meningkatkan kreativitas dalam memilih dan menggunakan media yang sesuai dengan materi agar tercapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan karena keterbatasan waktu dan tenaga.

Kata kunci: Keefektifan, Media Wayang Kartun, Hasil Belajar.

 

ABSTRACT

The background of the underlying research is that there are still many students in class III who have difficulty to understand the concept of material on IPS subject. This is indicated by the learning outcomes in the form of UTS value is still low when researchers conducted interviews in schools. In addition, teachers have not used a variety of lessons to improve student activeness. The purpose of this research is to know the effectiveness of Cartoon Wayang Media on Learning Result of IPS of Selling Material of Grade III SD Negeri Denasri Kulon 02 Batang. This type of research is quantitative research in the form of True Expriment Design Pretest-Postest Control Group Design. Population in this research is all student of class III SDN Denasri Kulon 02 Batang. Samples taken were 25 students of Experimental Class and 24 students of Control Class by using Simple Random Sampling technique (done randomly without considering the strata in the population). This research data is obtained through research instrument of pretest, posttest, documentation, test, interview. The result of this research is posttest value in control class with mean equal to 71,5 and posttest value in experiment class with average equal to 83,8. Based on the analysis result of control class study and experiment class using t test obtained t count 4,150> 2,011 ttable so that Ho rejected and Ha accepted mean the average result of experiment class study better than control class, and usage of media of cartoon puppet is very effective. The results showed that the experimental group percentage 92% (more than 85%) and control class 71% (less than 85%). This is reinforced with the result of tcount = 6.571 then compared with ttable = 2.064 with dk = 25-1 at significant level α = 5%. This result indicates that tcount > ttable is 6,571> 2,064. So it can be concluded that there are differences in learning outcomes between the control class and experimental class of buying and selling materials in the third grade students of SD Negeri Denasri Kulon 02 Batang. Suggestions that researchers can convey should teachers need to improve creativity in choosing and using media in accordance with the material in order to achieve the expected goals. This research is still far from perfection due to time and energy constraints.

Keywords :Effectiveness, Media Cartoon Puppet, Learning Outcomes


Full Text: PDF