Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE BERBANTU MEDIA FLASHCARD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN CANDI 01 SEMARANG
Maulina Rizka W, Ibnu Fatkhu Royana

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA yang masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share berbantu media Flashcard Interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Candi 01 Semarang. Tujuan yang dicapai adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Pair and Share berbantu media flashcard Interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Candi 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VD SDN Candi 01 Semarang. Sampel yang diambil adalah siswa dari kelas VD SDN Candi 01 Semarang yang berjumlah 24 orang dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan koefesien uji t sebesar 1,714 dan koefesien tersebut signifikan pada taraf 5%. Rata-rata nilai sebelum diberi perlakuan adalah 57 yang berarti kurang dari KKM dan rata-rata niali setelah diberi perlakuan adalah 78,5 yang berarti sudah memenuhi KKM. Selisih rata-rata kenaikannya sebesar 21,5. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share berbantu media Flashcard Interaktif efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelasĀ  V SDN Candi 01 Semarang tahun ajaran 2016/2017.

Kata Kunci :Think Pair and Share, Flashcard interaktif, hasil belajar.


Full Text: PDF