Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR
Indah Kurnia Dewi, Dwi Prasetiyawati Prasetiyawati, Eka Sari Setianingsih

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang pada penelitian ini adalah kurangnya variasi dalam pembelajaran IPA di kelas V, motivasi belajar siswa yang rendah ditandai dengan siswa kurang bersemangat mengikuti pembelajaran IPA dan belum adanya model pembelajaran Take and Give dalam proses pembelajaran di SD Negeri Mranggen 02 Demak. Sehingga membuat motivasi belajar siswa di dalam kelas menjadi rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap motivasi belajar IPA kelas V SD Negeri Mranggen 02 Demak?. Tujuan yang dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap motivasi belajar IPA kelas V SD Negeri Mranggen 02 Demak. Hasil penelitian diperoleh nilaiangket pretest dengan nilai terendah sebesar 90 dan nilai angket tertinggi sebesar 119. Sedangkan pada nilai angket posttest diperoleh nilai terendah sebesar 104 dan nilai angket tertinggi sebesar 132. Berdasarkan hasil analisis dari hasil angket pretest dan posttest dengan menggunakan uji t didapatkan thitung> ttabelyaitu 9,6>2,035. Karena nilai thitung > ttabel, sehingga hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran take and give terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Mranggen 02 Demak

 

ABSTRACT

Background in this research is the lack of variation in science learning in class V, low student learning motivation marked by less passionate students follow science lesson and the absence of learning model Take and Give in learning process at SD Negeri Mranggen 02 Demak.So as to make the students' learning motivation in the class become low. Problems in this research is whether there is influence of Take and Give learning model to learning motivation of science class V SD Negeri Mranggen 02 Demak?.The purpose of this research is to know the influence of learning model Take and Give to the motivation of learning science class V SD Negeri Mranggen 02 Demak. The results obtained pretest valuation with the lowest value of 90 and the highest questionnaire value of 119. While the posttest questionnaire value obtained the lowest value of 104 and the highest questionnaire value of 132. Based on the results of the analysis of pretest and posttest questionnaires by using t test obtained ttest>ttable is 9,6>2,035. Because of the value ttest>ttable So the hypothesis is accepted so it can be concluded that there is influence of learning model take and give to motivation learn class V student SD Negeri Mranggen 02 Demak.


Full Text: PDF