Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTU MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 2 TUKO GROBOGAN
Lavina Alif frandani, Ikha Listyarini, Kiswoyo Kiswoyo

Last modified: 2018-03-14

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa kurang memahami konsep pecahan,belum adanya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, dan cara mengajar guru yang kurang variatif dan monoton sehingga siswa sulit menerima dan memahami konsep pecahan. Sehingga pembelajaran berjalan kurang menarik minat belajar dan perhatian siswa yang menyebabkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika belum mencapai KKM 68. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh model Explicit Instruction berbantu media Kartu Domino terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN 2 Tuko Grobogan?. Tujuan yang dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model Explicit Instruction berbantu media Kartu Domino terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN 2 Tuko Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Tuko Grobogan. Sampel yang diambil adalah 30 siswa kelas Vdengan menggunakan teknik Probability Sampling.Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil tes dan observasi. Hasil penelitian diperoleh nilaipretest dengan rata-rata sebesar 62 dan nilai posttest dengan rata-rata sebesar 76,83. Berdasarkan hasil analisis dari hasil belajar pretest dan posttest dengan menggunakan uji t didapatkan thitung>ttabelyaitu 9,6>2,045. Jadi nilai thitung > ttabel, sehingga Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Explicit Instruction berbantu media Kartu Domino terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN 2 Tuko Grobogan.

Kata Kunci :Pengaruh, Model Explicit Instruction, Hasil Belajar

 

ABSTRACT

The encouraging background of this research is that students do not understand the concept of fractions, the lack of use of learning media in the teaching and learning process, and the way teachers teach the less varied and monotonous so that students are difficult to accept and understand the concept of fractions. So that learning runs less interest in learning and attention of students that cause student learning outcomes on mathematics subjects have not reached KKM 68. The problem in this research is Is there any influence of Explicit Instruction model assisted by Domino Card media to the result of learning of V grade SDN 2 Tuko Grobogan ?. The purpose of this research is to know the influence of Explicit Instruction model assisted by Domino Card media to the result of learning of class V SDN 2 Tuko Grobogan. This type of research is quantitative research in the form of One Group Pretest Posttest Design. The population of this research is all students of grade V SDN 2 Tuko Grobogan. Samples taken are 30 students of class Vdengan using Probability Sampling.Data technique in this study obtained from test results and observation. The result of the research is got the mean value with the mean of 62 and the posttest value with the average is 76,83. Based on the results of the analysis of pretest and posttest learning results using t test obtained t count> ttabelyaitu 9,6> 2.045. So the value of t count> ttable, so that Ha is accepted so it can be concluded that there is influence Explicit Instruction model assisted Domino Card media to the results of learning mathematics class V SDN 2 Tuko Grobogan. Keywords:Influence,ExplicitInstructionModel,LearningOutcom


Full Text: PDF