Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MEDIA BOPIPER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SDN PONCOMULYO
Winda Noor Azizah

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran. Terbatasnya media pembelajaran yang digunakan mengakibatkan pembelajaran membosankan, jenuh, dan kurang menarik sehingga siswa tidak bisa memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh media Bopiper terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas II SD Negeri Poncomulyo Pati? Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap profesionalisme guru dalam menjalankan tugasnya, sedangkan tujuan khusus penlitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh media Bopiper pada pembelajaran matematika materi perkalian dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Poncomulyo Pati. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Poncomulyo Pati. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas II yang berjumlah 25 siswa dengan menggunakan sampel jenuh. Desain penelitian yang digunakan adalah One Grup PretestPosttest Design. Berdasarkan hasil analisis data normalitas tahap awal pretest diperoleh L0 = 0,142 < Ltabel = 0,173 maka H0 diterima dan data berasal dari distribusi normal. Begitu pula dengan hasil analisis data normalitas tahap akhir posttest diperoleh   L0 = 0,145 < Ltabel= 0,173 maka H0 diterima dan data berasal dari distribusi normal. Selanjutnya perhitungan uji t terhadap hasil belajar diperoleh              thitung =22,01 > ttabel = 1,771. Maka Hi diterima. Hal ini berarti hasil belajar Matematika Siswa kelas II SDN Poncomulyo Pati mencapai KKM 64 dan hasil perhitungan ketuntasan belajar siswa di kelas mencapai 85 %. Kesimpulannya bahwa Media Pembelajaran Botol Pintar Perkalian berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas II SD Negeri Poncomulyo Pati.

Kata Kunci: media pembelajaran Bopiper, hasil belajar Matematika

 

ABSTRACT

This research is based on the problems in learning. The limited use of learning media has resulted in boring, saturated, and less attractive learning so that students can not understand the material described by the teacher. Problems revealed in this research is Is there any influence Bopiper media on student learning outcomes in learning mathematics in second grade SD Negeri Poncomulyo Pati? The general purpose of this research is to improve the professional attitude of teachers in carrying out their duties, while the specific purpose of this research is to find out whether there is influence of Bopiper media on learning mathematics multiplication material can improve student learning result of second grade SD Poncomulyo Pati. This research type is experiment, Population in this research is all student of second grade SDN Poncomulyo Pati The sample in this research is class II which amounts to 25 students by using saturated samples. The research design used is One Group Pretest-Posttest Design. Based on the results of pretest initialization normality data analysis obtained L0 = 0.142 <Ltabel = 0.173 then H0 received and the data comes from the normal distribution. Similarly, the posttest end normality data analysis results obtained L0 = 0.145 <Ltabel = 0.173 then H0 is received and the data comes from the normal distribution. Furthermore, the calculation of t test on the learning result obtained tcount = 22.01> ttabel = 1.771. Then Hi accepted. This means that the results of learning Mathematics Grade II SDN Poncomulyo Pati reach KKM 64 and the results of students' learning completeness in the class reached 85%. The conclusion that the Learning Media Bottle Smart Multiplication effect on student learning outcomes in learning mathematics class II SD Negeri Poncomulyo Pati.

Keywords: Bopiper learning media, Mathematics learning outcomes


Full Text: PDF