Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SDN PULOREJO 01 KABUPATEN PATI
Tri Puji Lestari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis yang dimiliki oleh siswa dan siswa masih kesulitan dalam mengembangkan sebuah kalimat. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah dengan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Pulorejo 01 Pati. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri Pulorejo 01 Pati dalam pembelajaran Bahasa Indonesia aspek menulis karangan narasi dengan menggunakan metode mind mapping. Variabel sasaran perubahan dalam penelitian adalah kemampuan menulis narasi, sedangkan variabel tindakan dalam penelitian ini adalah metode peta pikiran (mind mapping). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pulorejo 01 Pati yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I ada peningkatan kemampuan menulis narasi dari rata-rata 68,43 menjadi 73,48 dengan ketuntasan klasikal 43% dan pada siklus II ada peningkatan kemampuan menulis narasi dari rata-rata 73,48 menjadi 80,65 dengan ketuntasan kalsikal 83%. Dengan demikian, dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri Pulorejo 01 Pati.

Kata Kunci: Peningkatan, Mind Mapping, Keterampilan, Menulis

 

ABSTRACT

This research is motivated by the low writing skills possessed by students and students still difficulty in developing a sentence. Problems in this research is whether by mind mapping method can improve the skill of writing essay writing of class V student of SD Negeri Pulorejo 01 Pati. The purpose of this research is to improve the writing skill of grade V students of SD Negeri Pulorejo 01 Pati in learning Indonesian aspect of writing essay by using mind mapping method. The target variable of change in research is the ability to write narrative, while the action variable in this research is the mind mapping method. The form of this research is classroom action research takes 2 cycles. Each cycle consists of 4 stages: planning, action implementation, observation and reflection. The subjects of the study were the students of Grade V of SD Negeri Pulorejo 01 Pati, consisting of 23 students. Data collection techniques used are observation, documentation, and tests. Based on the results of research on the first cycle there is an increase in the ability to write narration from the average of 68.43 to 73.48 with 43% classical completeness and in the second cycle there is an increase in the ability to write narration from an average of 73.48 to 80.65 with mastery 83%. Thus, the Mind Mapping Method can be used to improve the writing skills of class V elementary school students of SD Negeri Pulorejo 01 Pati. Keywords: Improvement, Mind Mapping, Skills, Writing


Full Text: PDF