Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL COMPLETTE SENTENCE BERBANTU CARD DI SEKOLAH DASAR
Rezza Aldi Ferdiansa, Henry Januar Saputra, Zainal Arifin

Last modified: 2018-03-12

Abstract



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Compelette Sentence ditinjau dari perbandingan rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar IPA materi energi dan penggunaannya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ngelowetan pada tanggal 17 sampai 21 April 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design dengan sampel jenuh. Instrumen yang diberikan berupa test pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Metode pengumpulannya menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisa data dilakukan dengan ketuntasan belajar dan uji t.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara kelompok eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Complette Sentence dan siswa yang tidak mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Complette Sentence. Hasil belajar di kelompok eksperimen mencapai rata-rata 81,50 dengan persentase ketuntasan belajar 86,67%. Sedangkan rata-rata hasil belajar di kelompok kontrol adalah 75,18 dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak 60,71%.

Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran Complette Sentence berbantu Card

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effectiveness of learning science using Compelette Sentence learning model in terms of comparison the average result of learning and mastery learning material science of energy and its use. The research was conducted in SDN Ngelowetan on 17 to 21 April 2017. The method used in this research is to study the design of pretest-posttest control group design with a saturated sample. The instrument will involve a total of 20 multiple-choice test items. Method of collection using method of documentation and test method. Technique of data analysis done with mastery learn and t test. Results showed that the experimental and control groups on average there are differences in learning outcomes between students who get Complette Sentence learning model and students do not get the learning with the learning model Complette Sentence. Learning outcomes in the experimental group reached an average of 81.50 with the percentage of 86.67% mastery learning. While the average of learning outcomes in the control group was 75.18 with the percentage of mastery learning as much as 60.71%.

Keywords: learning outcomes, learning model Complete Sentence assisted Card,


Full Text: PDF