Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
MODEL PEMEBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN KALICARI 03 SEMARANG
Liawati Liawati

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah proses pembelajaran kurang inovatif,kreatif,dan menyenangkan merupakan salah satu penyebab kurang tercapainya tujuan pembelajaran yang maksimal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen,Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD N Kalicari 03 Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas III yang berjumlah 20  siswa dengan menggunakan sampel jenuh. Desain penelitian eksperimen menggunakan Pre Experimental Design yang digunakan adalah One Gup Pretest-Postest Design. Berdasarkan hasil analisis data normalitas tahap awal pretest diperoleh Lo=0,129< Ltabel=0,190 maka Ho diterima dan data berasal dari distribusi normal. Begitu pula dengan hasil analisis data normalitas tahap akhir postest diperolehLo=0,140< Ltabel=0,190maka Ho diterima dan data berasal dari distribusi normal. Selanjutnya uji t terhadap hasil belajar diperolehharga t hitung=9,372> t tabel=1,729 maka Hi diterima. Dan hasil aktivitas siswa mencapai 85%.Kesimpulanya bahwa model pemebelajaran Picture and Picture berbantu media kartu pintar ada pengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Kalicari 03 Semarang.

Kata Kunci: Pengaruh, Picture and Picture, Aktivitas, Hasil belajar

 

ABSTRACT

The background of the problem of this research is the less innovative,creative, and fun learning process is one of the causes of the lack of achievement of the maximum learning objective. This research type is experiment,population,in this research is all student class III SDN Kalicari 03 Semarang. Sample in this research is class III which amounted to 20 student by using sample saturated. Experimental research design using pre-experimental design used is one group pretest-postes.Based on the pretest preliminary normality data analysis obtained =0,140< Ltabel =0,190 Then Ho is received and the data comes from the normal distribution. Furthermore t test on the learning result obtained price t hitung=9,372> t tabel=1,729 then accepeted.And student activity result reach 85%. The conclusion that model of Picture and Picture learning assisted media of smart card have influence to activity and result of learning of student of class III SDN Kalicari 03 Semarang.

Keywords : Impression,Picture and Picture,Activities learning,Learning Outcomes.

 


Full Text: PDF