Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SD NEGERI SIWALAN SEMARANG
Fatimatu Rustianti, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Henry Januar Saputra

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Siwalan Semarang yang masih rendah. Khususnya pada mata pelajaran IPS. Guru dalam menyampaikan materi kurang bervariasi dan tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPS materi sejarah uang semester II di SD N Siwalan Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre Experimental Design yang berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Siwalan Semarang yang terdiri dari 30 siswa. Sampel yang diambil adalah 30 siswa, yaitu semua anggota populasi menggunakan teknik sampling jenuh. Data penelitian diperoleh melalui tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Scramble, menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil pretest dan posttest. Rata-rata hasil pretest sebesar 62,553 dan rata-rata posttest sebesar 84,563. Analisis uji t, bahwa diperoleh thitung > ttabel yaitu 25,293 > 2,045. Dan hasil uji ketuntasan siswa diperoleh hasil pretest dengan 13 siswa yang tuntas belajar atau 20% dan 17 siswa yang belum tuntas atau 80% dan hasil posttest dengan 27 siswa tuntas atau 90% dan terdapat 3 siswa yang belum tuntas atau 10%. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Scremble efektif terhadap hasil belajar IPS materi sejarah uang pada siswa kelas III SD Negeri Siwalan Semarang. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah hendaknya guru dapat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Scramble serta mengembangkan aktifitas dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran.

Kata kunci: Model Scramble

 

ABSTRACT

The background of this study is by the result of grade III students learning in SD Negeri Siwalan Semarang that still low. Especially in natural science subject. In delivering the material, the teachers are less vary and they do not use the vary learning model. The purpose of this study is to know the effectivity of Scramble learning model towards the result of grade III students in studying natural science with the material the changes of history of money in semester II in SD Negeri Siwalan Semarang.  The type of this study is an experiment study using quantitative approach with Pre Experimental design that whole grade III students in SD Negeri Siwalan Semarang that contain of 30 students. The sample of this study is taken from 30 students, all the population using sampling saturated technique. The data of this study are obtained through the test, observation, interview and documentation.  Based on the analysis of research data, the result of experiment student learning that get threatment using the Scramble model shows average difference in the pretest and posttest result. The result of pretest is about 62,553 and posttest is about 84.563. The analysis of t test is obtained tcount > ttable are 25,293 > 2,045. The result the student completeness test  is obtained the pretest result with 13 students are complete leaning or 20% and 17 students are incomplete or 80% and the posttest result  with 27 students are complete or 90% and get 3 students are incomplete or 10%. It conclusion that the Scramble learning model is effective toward the result in studying natural science with the material the energy changes of grade III students in SD Negeri Siwalan Semarang.  The message of this study is the teachers are expected can apply the Scramble leaning model and develop the activity and creativity in learning.

Keywords: The scramble learning model.


Full Text: PDF