Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI PEDURUNGAN LOR 01 SEMARANG
Dika Widyaningrum

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Student Teams Achivement Divisions berbantu media audiovisual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Pedurungan Lor 01 Semarang. Populasi dalam peneletian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pedurungan Lor 01 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 18,831. Dari distribusi t dengan db=46-1=45 diperoleh 1,679. Karena thitung> ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Student Teams Achivement Divisions berbantu media audiovisual terhadap hasil belajar IPA  siswa kelas V SD Negeri Pedurungan Lor 01 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah model pembelajaran Student Teams Achivement Divisions dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam pembelajaran.

Kata kunci: Model Pembelajaran STAD, Media Audiovisual, Hasil Belajar IPA

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to know and analyze the influence of learning model of Student Teams Achievement Division assisted audiovisual media to the result of science learning of grade V students of SD Negeri Pedurungan Lor 01 Semarang. Population in this research is the students of class V SD Negeri Pedurungan Lor 01 Semarang academic year 2016/2017. Sampling in this research using cluster random sampling technique. The result is reinforced with final analysis result which have been done by using t-test obtained tct = 18,831. From the distribution of t with db = 46-1 = 45 obtained 1.679. Because thitung> ttabel then Ho is rejected and Ha accepted, so it can be concluded that there is influence of learning model Student Teams Achivement Divisions assisted audiovisual media to the results of science learning grade V SD Negeri Pedurungan Lor 01 Semarang. Based on the results of this study suggestions that can be delivered is a model of learning Student Teams Achivement Divisions can be used as an alternative teacher in learning.

 


Full Text: PDF