Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTU VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJARA SISWA KELAS IV SD PEDURUNGAN LOR 01 SEMARANG
Nia Dwi Lestari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilator belakangi oleh kurangnya penggunaan metode, media, sert model pembelajar yang inovatif yang digunakan guru dalam proses pembelajaran dan kreatifitas guru dalam penggunaan model pembelajaran dan media masih minin. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Apakah pembelajaran menggunakan model word square berbantu video tutorial tema 8 subtema 1 mencapai ketuntasan belajar individual maupun klasikal?. (2) Apakah hasil belajar menggunakan model word square berbantu video tutorial lebih baik  dari pada hasil belajar siswa dengan model konvensional word square? (3) Bagaimana persepsi siswa terhadap model word square berbantu video tutorial lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan model konvensional ceramah ?. Jenis penelitian adalah kuantitatif dalam bentuk True Ekperimental Desingn dengan desain Posttet-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Pedurungan Lor 01 Semarang tahun ajaran 2016/2017 yang terdapat dua kelas yaitu IV A dan IV B. Sampel yang diambil adalah kelas IVA sebagai kelas control dan kelas IVB sebagai kelas Eksperimen. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui test,dokumentasi, anggket, dan observasi. Berdasarkan analisis uji t satu pihak thitung > ttabel yaitu 10,232 > 1,703 maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa di beri perlakuan dengan model word square berbantu video tutorial lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran konvensional ceramah. Presentase ketuntasan belajar kelas ekperimen adalah 85, 18% sedangkan kelas control presentase ketuntasan belajar adalah 77,7%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpukan model pembelajaran  berbantu video tutorial berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggal ku sub tema lingkunga tempat tinggalku mpada siswa kelas IV SD Pedurungan Lor 01 Semarang.

Kata kunci: Model, Word square, Video Tutorial

 

ABSTRACT

This research is dilator by the lack of use of method, media, and model of innovative learner used by teacher in learning process and creativity of teacher in use of learning model and media still minin. The problems studied in this research are (1) Does learning using word-axle model video tutorial theme theme 8 subtema 1 achieve mastery learning individually and classical ?. (2) Are the learning outcomes using word-axis model video tutorials better than student learning outcomes with conventional model word square? (3) How does the student's perception of word-axle model help video tutorial better than student's learning result with conventional model of lecture ?. This type of research is quantitative in the form of True Ekperimental Desingn with Posttet-Only Control Design design. The population of this research is all fourth grade students of SD Pedurungan Lor 01 Semarang academic year 2016/2017 which there are two classes that is IV A and IV B. Samples taken are class IVA as control class and class IVB as experiment class. Data in this research is obtained through test, documentation, anggket, and observation. Based on t test analysis of one party tcount> ttable that is 10,232> 1,703 then H0 rejected, so it can be concluded that the results of student learning is given treatment with word-assisted model video tutorial model is better than the student learning outcomes given the conventional learning model lecture. Percentage mastery of experimental class learning is 85, 18% while control class percentage of learning mastery is 77,7%. Based on the result of the research, it can be concluded that the instructional model of video tutorial has an effect on the students' learning outcomes on the theme of my residence sub theme of my neighborhood interest in the fourth grade students of SD Pedurungan Lor 01 Semarang.  Keywords: Model, Word square, Video Tutorial


Full Text: PDF