Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PAIKEM BERBASIS GAMES RABBIT HOLIC TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS II
Atika Khusnul Khotimah, Dwi Prasetiyawati, Eka Sari Setianingsih

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Model Pembelajaran PAIKEM Berbasis Rabbit Holic Games Terhadap Siswa untuk Belajar Motivasi Kelas II Mathema SDN 01 Kangkung Mranggen. Jenis penelitian ini adalah penelitian Desain Pretest-Posttest Satu Kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II berjumlah 28 siswa dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Perhitungan kuesioner motivasi belajar diperoleh dengan t hitung (6,9335)> ttabel (1,703) dengan α = 5% (1,703). Dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang membuktikan bahwa ada perbedaan antara pretest dan posttest dalam pembelajaran Matematika siswa kelas dua SD Negeri Kangkung 01 Mranggen. Sedangkan hasil perhitungan kuesioner observasi motivasi belajar diperoleh t hitung (15,435)> ttabel (1,703) maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima membuktikan bahwa ada efektifitas motivasi belajar siswa kelas eksperimen pada siswa kelas II SD Negeri Kangkung 01 Mranggen.

Kata kunci: Model PAIKEM, Motivasi belajar

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the effectiveness of Learning Model PAIKEM Based Rabbit Holic Games Against Student to Learn Motivation Class II Mathema Elementary SDN 01 Kangkung Mranggen. This type of research is One-Group Pretest-Posttest Design research. Population in this research is all student of class II amounted to 28 student by using technique of Non Probability Sampling. The data in this research is obtained from Questionnaire, observation, and documentation. The calculation of questionnaire of learning motivation is obtained by tcount (6,9335)> ttable (1,703) with α = 5% (1,703). It can be said that Ho is rejected and Ha accepted which proves that there is difference between pretest and posttest in learning of Mathematics of second grade students of SD Negeri Kangkung 01 Mranggen. While the results of the calculation of the questionnaire observation of learning motivation obtained tcount (15,435)> ttable (1.703) then it can be said Ho rejected and Ha accepted proving that there is effectiveness of student learning motivation experimental class in second grade students SD Negeri Kangkung 01 Mranggen.

Keywords: PAIKEM Model, Motivation to learn


Full Text: PDF