Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD N BRUMBUNG
Windiati Arumasari, Arfilia Wijayanti, Muhajir Muhajir

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas V SD N Brumbung melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan di SD N Brumbung. Subjek penelitian ini  adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa, yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa (aspek kognitif) menunjukkan peningkatan dari pra-siklus 36% siswa tuntas dengan rata-rata 60, siklus I 72% siswa tuntas dengan rata-rata 60, sampai dengan siklus II 88% siswa tuntas dengan rata-rata 74,8. Aspek sikap (afektif) mengalami peningkatan ratarata dari siklus I 73,3, sampai dengan siklus II 80,84. Aspek keterampilan (psikomotor) mengalami peningkatan rata-rata dari siklus I 66,92 sampai dengan siklus II 78,76. Selain itu, keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan nilai dari siklus I 83,7, sampai dengan siklus II 94,6. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian, dan pembahasan maka pada penelitian ini dapat disimpulankan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa Matematika kelas V SD N Brumbung.

Kata Kunci : Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar, Matematika.

 

ABSTRACT

This research is intended to improve the result of learning mathematics os students of class V SD N Brumbung through the implementation of Group Investigation learning model. This type of research is a classroom action research (PTK) conducted in two cycles. The research was conducted at SD N Brumbung. The subjects of the study were students of grade who needed 25 students, consiting of 14 male stundents and 11 female stundents. Data completion techniques used for observation, documentation, and test results learning. The result of data analysis showed students’ learning outcomes (cognitive aspect) showed an increase from pre-cycle 36% complete student with average 60, cycle I 72% student complete with average 60, until cycle II 88% of complete with an average 74,8. The attitude aspect (affective) experienced an average increase from cycle I 73,3, up to cycle II 80,84. The skill aspect (psychomotor) experienced an average increase from cycle I 66,92, up to cycle II 78,76. In addition, teacher teaching practice also experienced in the average of the cycle I 83,7, up to cycle II 94,6. Based on data analysis, research results, and discussion then in this study can be concluded that the Group Investigation learning model can improve the result of learning mathematics os students of class V SD N Brumbung.

Keywords : Learning Group Investigation, result of learning, Mathematics


Full Text: PDF