Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASA
YEKTI FITRIYANI

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai inovasi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Ngadikerso 02 Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang tahun 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 pertemuan, dimana setiap pertemuan selama 60 menit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yaitu uji normalitas. Pada tahap kedua yaitu uji normalitas dan uji banding pretest-posttest (uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas V SD Ngadikerso 02 Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang tahun 2016/2017.

Kata kunci:keefektifan, model Problem Based Learning, hasil belajar

 

ABSTRACT

This study aims to determine how effectiveness of Problem Based Learning model as teacher innovation to improve student learning outcomes of grade V SDN Ngadikerso 02 District Sumowono The County of Semarang in 2016/2017. The form of this research is quantitative research. The study was conducted during two meetings, where each meeting was 60 minutes. Data collection techniques in this study using tests, observations and documentation. Data analysis technique consists of two stages. The first stage is the normality test. In the second stage is the normality test and pretest-posttest test (T test). The results showed that the learning model Problem Based Learning effective to improve student learning outcomes in learning Mathematics class V SDN Ngadikerso 02 District Sumowono The County of Semarang in 2016/2017. Keywords: effectiveness, Problem Based Learning model, Learning Outcomes


Full Text: PDF