Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL TGT BERBANTU MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI KEMIRI 06
Devariatama Budiyanto, Ikha Listyarini, Fajar Cahyadi

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya partisipasi siswa pembelajaran kelas V. Hal tersebut disebabkan karena guru belum memadukan model dan media pembelajaran yang menarik untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu mengakibatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Kemiri 06 Batang masih banyak siswa yang belum mencapai batas nilai KKM yang ditentukan adalah 65, dari 20 siswa  11 siswa yang memenuhi KKM dan 9 siswa belum memenuhi KKM. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model TGTberbantu media crossword puzzle terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas V SD Kemiri 06. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Designdengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kemiri 06 tahun pelajaran 2016/2017.Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Team Games Tournament, Crossword Puzzle

 

ABSTRACT

The encouraging background of this research is the lack of student participation in class V study. This is because the teacher has not integrated the model and interesting learning media to optimize student learning outcomes. Therefore resulted in the result of study of class V student at SDN Kemiri 06 Batang, there are still many students who have not reached the determined KKM value limit is 65, from 20 students 11 students who meet KKM and 9 students have not fulfilled KKM. The purpose of this research is to know the effectiveness of TGT model assisted media crossword puzzle to the learning result of IPS class V SD Kemiri 06. This research type is quantitative research in the form of Pre-Experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design. The population of this research is all students of grade V SDN Kemiri 06 year 2016 / 2017. Samples taken are all students of class V which amounted to 20 students using Nonprobability Sampling technique in the form of saturated sampling. The data in this research is obtained through observation, interview, documentation, and test.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Team Games Tournament, Crossword Puzzle.


Full Text: PDF