Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL COURSE REVIEW HORAYBERBANTU MEDIA CROSWORD PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA SD NEGERI KALISARI BATANG
Galuh Martha Tia Sari, Husni Wakhyudin, Iin Purnamasari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Siswa masih belum mengerti materi ajar yang diajarkan, kegiatan pembelajaran belum menggunakan model dan media secara efektif, dan masih ada beberapa siswa yang evaluasinya berada di bawah KKM. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan keefektifan model Course Review Horay berbantu media crossword puzzle terhadap kemampuan pemecahkan masalah IPA siswa kelas V SD Negeri Kalisari Batang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kalisari yang berjumlah 16 siswa dan sampel yang digunakan adalah seluruh anggota populasi. Desain penelitian menggunakan one group pretestposttest design .

Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Course Review Horay, Crossword Puzzle, Nilai Karakter

 

Abstract

Students still do not understand the teaching materials that are taught, lesson activities have not model and media effectively, and there are still some students whose evaluations are under KKM. The purpose of this research is to get the effectiveness of Course Review Horay model assisted by crossword puzzle media to solve the problem of science problem of Grade V student of Elementary School of Kalisari Batang State Elementary School. The population in this study were all students of grade V of SD Negeri Kalisari which amounted to 16 students and the sample used were all members of the population. The research design used one group pretest-posttest design.

Keyword : Kemampuan Pemecahan Masalah, Course Review Horay, Crossword Puzzle, Nilai Karakter


Full Text: PDF