Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BOLA BEKEL TEMATIK SEBAGAI PENUMBUHAN KARAKTER SISWA KELAS IV SD N DI KELURAHAN PANDEANLAMPER SEMARANG
Eko Sulistyo Endriati

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh lunturnya pendidikan karakter anak yang sekarang ini karena dipengaruhi oleh perubahan zaman era globalisasi dengan budaya barat masuk ke dalam Indonesia, pada zaman sekarang ini dimana permainan tradisional yang mulai  ditinggalkan oleh anak-anak karena lebih suka bermain game online, dan penggunaan model pembelajaran dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar guru kurang bervariasi sehingga diperlukan inovasi model pembelajaran yang mengintegrasikan karakter. Salah satu upaya yang dapat digunakan sebagai penunjang model pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran bola bekel.Penulis bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengembangan model pembelajaran bola bekel tematik sebagai penumbuhan karakter siswa kelas IV SD N di kelurahan Pandeanlamper Semarang. Penulis menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D), dengan prosedur pengembangan ADDIE.Pengolahan data diambil dari validasi model 1 sebesar 92, 64% dengan kriteria baik sekali, validasi model 2 sebesar 95,5% dengan kriteria baik sekali, validasi materi 1 sebesar 95% dengan kriteria baik sekali, validasi materi 2 sebesar 97% dengan kriteria baik sekali, validasi karakter sebesar 97% dengan kriteria baik sekali, dan angket respon siswa sebesar 92,7% dengan kriteria baik sekali. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran bola bekel sangat layak digunakan sebagai penumbuhan karakter dapat terlihat dari sintakmatiknya yang membiasakan karakter melalui langkah-langkah model pembelajaran bola bekel. Saran dari penulis adalah guru dapat menggunakan model bola bekel dalam merancang pembelajaran yang akan dilakukan.

Kata Kunci: pengembangan, bola bekel, penumbuhan karakter.

 

Abstract

This research is grounded by the fading of children's character education today because it is influenced by the changing era of globalization era with western culture into Indonesia, in today's era where traditional games are abandoned by children because they prefer to play online games and usage The learning model in conducting the teaching and learning activities of teachers is less varied so that innovative learning model that integrates character needs. One of the efforts that can be used as a supporter of the learning model is by using learning models bekel ball. The author aims to find out how the development of learning models of thematic ball ball as a character growth of fourth grade students of SD N in Pandeanlamper Semarang. The author uses the Research and Development (R & D) research methodology, with the ADDIE development procedure. Data processing is taken from validation of model 1 of 92, 64% with excellent criterion, validation of model 2 is 95,5% with good criteria, material validation 1 is 95% with good criteria, material validation 2 is 97% with good criterion Once, the character validation of 97% with the criteria is very good, and the questionnaire of student response is 92,7% with the criterion is very good. The conclusion of this research is the development of learning model bekel ball is very feasible to be used as the character growth can be seen from sintakmatiknya which familiarize the character through the steps of learning model bekel ball. Suggestion from the writer is the teacher can use model bekel ball in designing learning to be done.

Keywords: development, ball of ball, growth character.


Full Text: PDF