Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MEDIA ULTRA 3D TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD NEGERI SAWAH BESAR 02 SEMARANG
Maulida Rahmawati, Joko Siswanto, Ferina Agustini

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam memahami materi yang diberikan menyebabkan siswa kesulitan dalam mengerjakan soal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media ultra 3D terhadap hasil belajar materi bangun ruang kelas V SD Negeri Sawah Besar 02 Semarang.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif.Metode penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design.Berdasarkan hasil analis data penelitian diperolehuji tes awal atau pre test yang dilakukan peneliti didapatkan data rata-rata kelas 52,53terdapat 25 siswa tidak tuntas KKM 65 dengan siswa yang tuntas hanya 5 siswa. Kemudian kelas diberi perlakuan yaitu pembelajaran materi Bangun Ruang dengan menggunakan media ultra 3D (ular tangga 3 dimensi). Hasil belajar yang diperoleh siswa setelah adanya perlakuan nilai post test menunjukkan bahwa kelas V memperoleh rata-rata 77,1 dengan siswa yang tuntas 26 dan yang belum tuntas 4 siswa. Pada analisis akhir perhitungan menggunakan uji t diperolehjika = 0,05 dan db=N-1=30-1=29 diperoleh ttabel = 2,045dan thitung=3,475. Jika thitung> ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga media ultra 3D ada pengaruh terhadap hasil belajar materi bangun ruang siswa kelas V SD Negeri Sawah Besar 02 Semarang.

Kata Kunci:ultra 3D (ular tangga 3 dimensi), Hasil Belajar

 

Abstract

This research supported by a lack of understanding students in understanding material provided makes students hard to doing the.The purpose of this research is to find influence media ultra 3d of the results of the study matter up the grade public sawah besar 02 semarang.The research is. QuantitativeThe methodology used is one group pretest-posttest design.According to the data analyst obtained the research a pre test or pre tests conducted researchers found rata-rata data class 52,53 is 25 students have completed kkm 65 students work completed students. only 5Then class treatment learning given the matter up space by using media ultra 3d ( the stairs 3 dimensions ).Study results obtained students after the treatment post test scores shows that grade obtain rata-rata 77,1dengan students who completed 26 and unfinished students. 4In the analysis using the calculationTest t obtainedIf = 0.05 and db = n-1 = 30-1 = 29 obtained  ttabel= 2,045 and thitung= 3,475.If thitung> ttabel, so ho were rejected and ha received, so that media ultra 3d is the effect on study results matter geometric students grade 5 of public school sawah besar 02 semarang.    Keyword: Ultra 3D (3 dimensional ladder snaker), learning outcomes


Full Text: PDF