Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENERAPAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS CABRI 3D TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN BENGLE 01 KABUPATEN TEGAL
Lia Nurhidayati, Qoriati Mushafanah, Fajar Cahyadi

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui penerapan media Power point berbasis Cabri 3D pada pembelajaran matematika siswa kelas V di SDN Bengle 01 kabupaten Tegal. 2. Untuk mengetahui efektifitas penerapan media Power point berbasis Cabri 3D terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN Bengle 01 kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analis data penelitian diperoleh uji tes awal atau pretest yang dilakukan peneliti didapatkan data rata-rata kelas 60. Kemudian kelas diberi perlakuan dengan menggunakan media Power point berbasis Cabri 3D. Hasil belajar yang diperoleh siswa setelah adanya perlakuan nilai posttest menunjukkan bahwa kelas V memperoleh rata-rata 79,2. Pada analisis data akhir perhitungan menggunakan uji t diperoleh jika α = 0,05 dan db=N-1=25-1=24 diperoleh ttabel = 2,064 dan thitung= 15,483. Jika thitung> ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dicapai pada pretest dengan hasil belajar siswa yang dicapai pada posttest. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan media Power Point berbasis Cabri 3D efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Bengle 01 kabupaten Tegal.

Kata Kunci: Penerapan, Power Point, Cabri 3D, Hasil Belajar.

 

Abstract

This research is motivated by the lack of interest in learning students in following the lesson. The purpose of this study is 1. To know the application of media Power Point based Cabri 3D on learning mathematics of class V students in SDN Bengle 01 Tegal regency. 2. To know the effectiveness of the application of media Power Point based Cabri 3D to the results of learning mathematics class V SDN Bengle 01 Tegal regency. This type of research is quantitative. The research method used is one group pretest-posttest design. Based on the results of the research data analysts obtained pretest or pretest test conducted by researchers got the average data class 60. Then the class is given the treatment by using media Power Point based Cabri 3D. The learning outcomes obtained by students after the posttest value treatment showed that class V obtained an average of 79.2. In final data analysis calculation using t test is obtained if α = 0,05 and db = N-1 = 25-1 = 24 obtained ttable = 2,064 and tcount = 15,483. If thitung> ttable, then Ho is rejected and Ha accepted, meaning there is a significant difference between student learning achievement achieved in pretest with student learning outcomes achieved on posttest. The conclusion in this research is the application of media Power Point based Cabri 3D effective to the mathematics learning result of grade V students SDN Bengle 01 Tegal regency.

Keywords: Implementation, Power Point, Cabri 3D, Learning Outcomes


Full Text: PDF