Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
Pengembangan Quantum Teaching Berbasis Video Pembelajaran Camtasia Pada Materi Permukaan Bumi Dan Cuaca Kelas III SDN Jomblang 01
Dewi Ayu Sulistyaningrum, Ibnu Fatkhu Royana

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk termotivasi belajar siswa dan membantu guru dalam menyampaikan materi dengan mengembangkan model quantum teaching dengan menggunakan media audio visual berbasis software camtasia studio 8, sebagai media pembelajaran yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Prosedur dalam penelitian pengembangan ini menerapkan prosedur menurut Borg and Gall dengan penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba. Pengelolahan data diambil dari angket dengan validasi media, validasi materi, angket respon guru dan angket tanggapan siswa. Hasil validasi media pada ahli media pertama tahap 1 sebesar 57,5% dan tahap 2 sebesar 91,25%, validasi ahli media kedua sebesar 95%, hasil validasi materi pada ahli materi pertama tahap 1 sebesar 55,71%, dan tahap 2 sebesar 95,71%, validasi ahli materi kedua 95,71%, angket tanggapan siswa 93,75%. Maka media audio visual berbasis camtasia dengan model quantum teaching dinyatakan valid dan siap uji coba lapangan. Maka angket tanggapan siswa sebanyak 92,68% dan angket respon guru media pembelajaran dan materi pembelajaran 97% dan 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan quantum teaching berbasis video pembelajaran camtasia valid dan praktis sehingga termotivasi belajar selain itu layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Kata Kunci: Quantum Teaching, Camtasia, multimedia pembelajaran

 

Abstract

The Research to motivate students learning and helping teacher to give theory by Quantum Teaching Development model by using audio visual media software based on camtasia studio 8, as a valid and practical learning media. The type of Research Used is Research and Development. The procedure in this development study apply the according to Borg and Gall with initial research and information collection, planning, product draft development, initial field trials, revision test of the results. The result of media validation at first stage media expert was 57,5% and stage 2 was 91,25%, second media expert validation was 95%, material validation result in first material expert of phase 1 was 55,71, and phase 2 was 95 , 71%, second material expert validation 95,71%, student response question 93,75%. Then camtasia based on audio visual media with quantum teaching media is valid and ready for field trial. Then the questionnaire responses of students as much as 92.68% and questionnaire teacher response learning media and learning materials 97% and 100%. So it can be concluded that the development of quantum teaching based on camtasia learning video is valid and practical so that motivated learning besides feasible use learning in Elementary School.

Keywords: Quantum Teaching, Camtasia, multimedia learning


Full Text: PDF