Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
EFEKTIVITAS VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTU CAMTASIASTUDIO BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TEMA 8 SUBTEMA 1 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD
Rahayu Setyaningsih

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya penguasaan guru dalam bidang IT serta siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Hal tersebut disebabkan karena proses pembelajaran didalam kelas dan media pembelajaran yang digunakan kurang menarik.Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui efektivitas video pembelajaran berbantu Camtasia Studio berbasis pendekatan saintifik pada tema 8 subtema 1 terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sendang Mulyo 02 Semarang.Desain penelitian menggunakan True Experimental Design dengan jenis Posttest-Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVB dengan jumlah 40 siswa dan kelas IVC dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket tanggapan siswa dan tes pilihan ganda.Hasil analisis data koefisien uji-t pihak kanan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu 2,263 > 1,666 dimana rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 83,55 dan kelas kontrol 79,71. Data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dari 40 siswa mencapai ketuntasan individu 34 siswa, sehingga ketuntasan belajar klasikal sebesar 85% maka kelas dapat dikatakan memiliki keterangan tuntas. Hasil korelasi antara persepsi siswa dan hasil belajar diperoleh rxy> rtabel dimana 0,4418 > 0,3120 maka terjadi hubungan antara persepsi siswa dengan hasil belajar tema 8 subtema 1 kelas IV SD Negeri Sendang Mulyo 02 Semarang. Rata-rata presentase hasil penilaian pendekatan saintifik kelas eksperimen 83,82% dan kelas kontrol 80,71% dengan penilaian autentik meliputi sikap, ketrampilan dan pengetahuan maka terlihat  bahwa hasil belajar tema 8 subtema 1 pada siswa kelas IV SD Negeri Sendang Mulyo 02 Semarang dengan menggunakan video pembelajaran berbantu Camtasia Studio berbasis pendekatan saintifik lebih tinggi dari pembelajaran yang menggunakan metode ceramah.

Kata kunci: media pembelajaran, pendekatan saintifik, camtasia studio

 

Abstract

The background of this research is the lack of mastery of teachers in the field of IT and students less active in following the lesson. This is because the learning process in the classroom and learning media used less interesting. This research is aimed to know the effectiveness of Camtasia Studio-assisted learning videos based on the scientific approach on the theme of 8 subtema 1 to the fourth grade students of SD Negeri Sendang Mulyo 02 Semarang. Design research using True Experimental Design with Posttest-Only Control Design type. Sample in thisresearch is class IVB with number of 40 student and class IVC with amount 35 student. Data collection techniques used interviews, student response questionnaires and multiple choice tests. The result of data analysis of t-test coefficient on right side of student learning result showed that tcount> ttable is 2,263> 1,666 where average posttest grade experiment 83,55 and control class 79,71. The data of students' learning outcomes in the experimental class of 40 students reached the completeness of the individual 34 students, so that classical learning completeness of 85% then the class can be said to have a thorough explanation. Result of correlation between student perception and learning result obtained rxy> rtabel where 0,4418> 0,3120 hence happened relation between student perception with result of learning theme 8 subtema 1 class IV SD Negeri Sendang Mulyo 02 Semarang. The average percentage of the results of the scientific experimental approach of 83.82% experimental class and 80.71% control class with the authentic assessment includes attitude, skills and knowledge it is seen that the learning outcome of the theme 8 subtema 1 in grade 4 students of SD Negeri Sendang Mulyo 02 Semarang with Using Camtasia Studio-assisted learning videos based on a scientific approach higher than learning using lecture methods.

Keywords: learning media, scientific approach, camtasia

 


Full Text: PDF