Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COURES REVIEW HORAYTERHADAPHASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 3 SDN PENADARAN 03 GUBUG
Yuliana Hendika Utami, Suyitno Suyitno, Ikha Listyarini

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Penadaran 03 Gubug dengan menggunakan model pembelajaran course review horey dalam pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk preexsperimentaldesign dengan jenis one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Penadaran 03 Gubug dengan banyaknya siswa 30 orang. Objek pada penelitian ini adalah hasil belajar pada ranah kognif. Data dikumpulkan menggunakan metode tes pada mata pelajaran IPA. Hasil analisis nilai rata-rata hasil belajar IPA sebelum menerapkan model pembelajaran course review horay diperoleh nilai 55,73. Sedangkan hasil belajar IPA siswa sesudah menerapkan model pembelajaran course review horay diperoleh nilai 86 dengan selisih keduanya 30,27. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Penadaran 03 Gubug.

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, CRH, hasil belajar

 

Abstract

This study aims to determine the significance of student learning outcomes in grade III SDN Penadaran 03 Gubug by using a learning course course review model in science lesson. This type of research is quantitative research in the form of pre-exsperimental design with one-group pretest-posttest design. The subject of this research is the students of class III SDN Penadaran 03 Gubug with the number of students 30 people. Objects in this study is the learning outcomes in the realm of cognition. Data were collected using test method on science subjects. The result of mean value of science learning result before applying the learning course review horay model obtained value 55,73. While the result of science learning after applying student learning model course review horay obtained value 86 with difference of both 30,27. Based on the results of this study can be concluded that the application of learning model course review horay can improve the activity and learning outcomes of science students class III SDN Penadaran 03 Gubug.

Keywords: Cooperative learning model, CRH, learning outcomes


Full Text: PDF