Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTU MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN TLOGOSARI KULON 05 SEMARANG
Theresa Monica Kristy, Ervina Eka Subekti, Eka Sari Setianingsih

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang dengan menggunakan model pembelajaran course review horey berbantu media tiga dimensi dalam pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk preexsperimentaldesign dengan jenis one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang dengan banyaknya siswa 20 orang.Objek pada penelitian ini adalah hasil belajar pada ranah kognitif.Data dikumpulkan menggunakan metode tes pada mata pelajaran matematika.Hasil analisis nilai rata-rata hasil belajar matematika sebelum menerapkan model pembelajaran course review horay berbantu media tiga dimensi diperoleh nilai 56,25. Sedangkan hasil belajar matematika siswa sesudah menerapkan model pembelajaran course review horay berbantu media tiga dimensi diperoleh ratarata 74,25 dengan selisih keduanya 18. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran course review horay berbantu media tiga dimensi efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang.

Kata kunci: Model pembelajaran course review horay, media tiga dimensi, hasil belajar

 

Abstract

This study aims to determine the significance of student learning outcomes in grade V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang by using a learning model of course review horey assisted three dimensional media in math lessons. This type of research is quantitative research in the form of pre-exsperimental design with one-group pretest posttest design. The subject of this research is the students of grade V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang with the number of students 20 people. The object of this study is the learning outcomes in the cognitive domain. Data were collected using test methods on mathematics subjects. Result of analysis of mean value of mathematics learning result before applying learning model of course review horay assisted media three dimension obtained value 56,25. While the result of learning mathematics of students after applying the learning model of course review horay assisted media three dimensions obtained average 74.25 with the difference of 18. Based on the results of this study can be concluded that the learning model course review horay help media three dimensions effective against student learning outcomes Class V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang.

Keywords: learning course review horay model, three dimensional media, learning result


Full Text: PDF