Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTU MEDIA WAYANG JENPER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS III SDN 1 RINGINARUM
Riza Auliya, Endah Rita S Dewi, Veryliana Purnamasari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa dan rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Guru dalam menyampaian materi kurang bervariasi yaitu dengan metode konvensional.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran word square berbantu media wayang jenper terhadap minat dan hasil belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III SD N 01 Ringinarum Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran word square berbantu media wayang jenper terhadap minat dan hasil belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III SD N 01 Ringinarum.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan design pre ekperimental yang berbentuk one group pretest dan post test design. Data penelitian diperoleh melalui angket, tes,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest dan post test minat belajar siswa yaitu 60,5 dan 84,5 sedangkan rata-rata pretest dan post test hasil belajar siswa yaitu 49,2 dan 86,9. Berdasarkan hasil analisis dari minat belajar pretest dan posttest dengan menggunakan uji t didapatkan thitung lebih besar dari ttabel (31,972>2,052). Dan hasil analisis dari hasil belajar pretest dan post test dengan menggunakan uji t didapatkan thitung> ttabel (9,384 > 2,052) . Jadi nilai thitung> ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima Jadi dapat disimpulkan dari kedua hasil analisis minat dan hasil belajar pretest posttest dengan menggunakan uji t yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran word square berbantu media wayang jenper terhadapΒ minat dan hasil belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III SD N 01 Ringinarum.

Kata kunci : Pengaruh, model pembelajaran word square, media wayang jenper, minat belajar, hasil belajar ilmu pengetahuan sosial

Β 

Abstract

This study is based on the lack of interest in student learning and low student learning outcomes that have not reached the KKM established by the school. Teachers in the delivery of less varied material that is by conventional methods. The problems studied in this research is how the influence of learning model of word square assisted by jenper of puppet medium to the interest and the result of student learning social science subjects class III SD N 01 Ringinarum District Ringinarum Kendal Regency ?. The objectives to be achieved in this research is to know the influence of learning model word square assisted by jenper of puppet medium to interest andΒ  result of student learning social science class III SD N 01 Ringinarum. The type of this research is experimental research using quantitative approach with pre experimental design in the form of one group pretest and post test design. Research data obtained through questionnaire, test, observation and documentation. The result of research is got the average of pretest and post test of student learning interest that is 60,5 and 84,5 while mean of pretest and post test result of student learning that is 49,2 and 86,9. Pursuant to result of analysis from study interest of pretest and posttest by using t test obtained t calculate bigger than π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘™π‘’ (31,972> 2,052). And the result of analysis from pretest and post test result by using t test got π‘‘π‘π‘œπ‘’π‘›π‘‘ >π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘™π‘’ (9,384> 2,052). So the value of π‘‘π‘π‘œπ‘’π‘›π‘‘ >π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘™π‘’ , so 𝐻0 rejected and π»π‘Ž accepted So it can be concluded from both the results of interest analysis and pretest posttest learning results using t test ie there is influence of learning model of word square assisted by jenper puppet to interest and student learning outcomes subjects science Social class III SD.

Keywords: Influence, word square learning model, jenper of puppet medium, interest in learning, social science learning


Full Text: PDF