Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
ENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SDN BRUMBUNG KABUPATEN DEMAK
Mariana Puji Rahayu, Ary Susatyo Susatyo, Mudzanatun Mudzanatun

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Abstrak

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pada saat pembelajaran kebanyakan guru hanya melakukan pembelajaran dengan metode ceramah tidak adanya model pembelajaran sehingga untuk meningkatkan hasil belajar siswa membutuhkan waktu yang lama selain itu tidak digunakannya media pembelajaran membuat siswa mengantuk dan bosan pada saat pembelajaran berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini adalah “untuk mengetahui mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantu media Flash Card terhadap hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana kelas V SDN Brumbung Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini menggunakan true eksperimental design dengan bentuk prettest dan posttest design dengan objek penelitian siswa kelas VA dan VB SD Negeri Brumbung Kabupaten Demak. Yang diambil sebagai sampel adalah 26 Siswa dari masing-masing kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 8-12 Mei 2017 yaitu tahun ajaran 2016/2017. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara,  tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri Brumbung Kabupaten Demak, maka pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran group investigation berbantu media flash card pada siswa kelas V SD Negeri Brumbung ditunjukan dengan thitung > ttabel yaitu  6,382 > 2, 000, dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 75,058 sedangkan kelas kontrol dengan rata-rata 60,654. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Group Investigation berbantu media Flash Card dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Kata Kunci :Model Group Investigation, Media Flash Card, Hasil Belajar

 

Abstract

The background that follows this research was when most of teachers used a speech method along the teaching learning process and there is no other method so that the teacher took a long time to increase students achievement in addition when the teacher did not use a media in their teaching learning it makes the students feels sleepy and bored along the teaching learning process. The objective of this research is to know the influence of group investigation learning model assisted flash card media on students learning outcomes of simple plane material class v class Brumbung Elementry School Demak Regency .This research used true experimental design with pretest and post-test and the object is the students of A and V B Class Brumbung Elementry School Demak Regency. The sample of this population is 26 students each class. This research was held on 8-12 May 2017 in academic year 2016/2017. The data was conducted by using observation, interview, test and documentation. According to this research that done by the researcher in Brumbung Elementry School Demak Regency. It can be conclude that there is different in the students achievement with using group investigation learning model assisted flash card media of class v Brumbung Elementry School Demak Regency. it shows with T test > T table 6,382>2, 000, with According to this research, it can be suggested that this group investigation learning model assisted flash card  can be used to be an alternative for the teacher to be an media on teaching learning process.

Keyword : Model Group Investigation, Media Flash Card, Learning Results


Full Text: PDF