Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA POP UP TERHADAPKETERAMPILAN BERBICARA DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA DAERAH SISWA KELAS IV SD I JOJO KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS
Nurul Nailatul Qodriyah, Joko Sulianto, Veryliana Purnamasari

Last modified: 2018-03-12

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pop up terhadap keterampilan berbicara dan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa daerah siswa kelas IV SD I Jojo Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan jenis true-experimental desaign yakni pretes-postest control desaign. Hasil penelitian menunjukkan pada hasil pretest dan postest kelas kontrol dan kelas eksprimen yang mengalami perbedaan. Penelitian ini dilaksanakan di SD I JojoΒ  Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus pada bulan April 2017 sampai dengan bulan Mei 2017. Rata-rata pretest kelas kontrol adalah 65,33 dan kelas eksperimen adalah 64,67. Hasil postest dari kelas eksperimen memiliki rata-rata 85,33 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai postest sebesar 71. Hasil keterampilan berbicara dari kelas kontrol 74,22 sedangkan pada kelas eksperimen rata-rata nilai yaitu 81,78.HalΒ  ini dibuktikan dengan perhitungan uji t ketuntasan belajar dengan diperoleh ttabel sebesar 2,144 dan thitung sebesar 2,827, jadi thitung> ttabel yang artinya siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan. Presentase ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen pada siswa mencapai 86,67%.Pada kelas kontrol presentase ketuntasan yaitu 46%. Untuk uji t keterampilan berbicara diperoleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” 2,586 dan π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ sebesar 2,144. Jadi π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ artinya keterampilan berbicara siswa dapat mencapai kriteria baik setelah menggunakan media popup. Untuk perhitungan uji t dua pihak diperoleh hasil π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” sebesar 3,710 dan π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™Β  sebesar 2,048. Sehingga π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™Β  artinya terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Kata kunci :Berbicara, Hasil belajar, Media pembelajaran pop-up.

Β 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pop up terhadap keterampilan berbicara dan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa daerah siswa kelas IV SD I Jojo Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan jenis true-experimental desaign yakni pretes-postest control desaign. Hasil penelitian menunjukkan pada hasil pretest dan postest kelas kontrol dan kelas eksprimen yang mengalami perbedaan. Penelitian ini dilaksanakan di SD I JojoΒ  Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus pada bulan April 2017 sampai dengan bulan Mei 2017. Rata-rata pretest kelas kontrol adalah 65,33 dan kelas eksperimen adalah 64,67. Hasil postest dari kelas eksperimen memiliki rata-rata 85,33 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai postest sebesar 71. Hasil keterampilan berbicara dari kelas kontrol 74,22 sedangkan pada kelas eksperimen rata-rata nilai yaitu 81,78.HalΒ  ini dibuktikan dengan perhitungan uji t ketuntasan belajar dengan diperoleh ttabel sebesar 2,144 dan thitung sebesar 2,827, jadi thitung> ttabel yang artinya siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan. Presentase ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen pada siswa mencapai 86,67%.Pada kelas kontrol presentase ketuntasan yaitu 46%. Untuk uji t keterampilan berbicara diperoleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” 2,586 dan π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ sebesar 2,144. Jadi π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ artinya keterampilan berbicara siswa dapat mencapai kriteria baik setelah menggunakan media popup. Untuk perhitungan uji t dua pihak diperoleh hasil π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” sebesar 3,710 dan π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™Β  sebesar 2,048. Sehingga π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™Β  artinya terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Kata kunci :Berbicara, Hasil belajar, Media pembelajaran pop-up.


Full Text: PDF